HomeInfo SehatKankerAda Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?
Kanker

Ada Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

dr. Atika, 11 Nov 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Coba cek ketiak Anda. Apakah terdapat benjolan di ketiak? Jika ya, kondisi mungkin menjadi tanda dari adanya suatu penyakit. Berikut ini fakta medis selengkapnya.

Ada Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Tak banyak orang yang memperhatikan area ketiak secara berkala. Padahal, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul di bagian tersebut. Salah satunya adalah benjolan di ketiak.

Benjolan bisa muncul di ketiak kanan, kiri, ataupun keduanya. Benjolan di ketiak dapat berukuran sangat kecil hingga tidak disadari, ada juga benjolan ketiak yang berukuran besar dan cukup mengganggu. 

Kebanyakan, benjolan di ketiak bukan hal yang berbahaya. Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, benjolan di ketiak dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan yang lebih serius. 

Artikel Lainnya: Perbedaan Benjolan Biasa dan Benjolan Kanker di Ketiak

Agar lebih jelas, berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab benjolan di ketiak:

1. Folikulitis

Folikulitis dapat menjadi salah satu penyebab benjolan di ketiak. Kondisi ini adalah peradangan pada folikel tempat tumbuhnya rambut akibat infeksi.

Infeksi dapat terjadi karena iritasi, misalnya akibat sering menggaruk atau mencabut bulu ketiak dalam keadaan yang tidak higienis. Kuman yang masuk melalui pori-pori dari folikel rambut menyebabkan serangkaian gejala peradangan.

2. Hidradenitis

Hidradenitis adalah peradangan pada kelenjar keringat. Kondisi ini sering terjadi pada area yang mengalami gesekan, seperti ketiak, selangkangan, lipat paha, dan bokong. Penyebab tersering dari hidradenitis adalah infeksi bakteri.

Hidradenitis menyebabkan timbulnya benjolan kecil di bawah kulit yang tidak terlalu jelas dari luar. Saat infeksi memberat, kemunculan abses mungkin tak bisa dihindari lagi.

3. Abses

Benjolan akibat abses akan terasa panas, dan bisa menyebabkan demam. Abses diakibatkan oleh infeksi bakteri, sehingga terbentuk area luas berisi nanah yang terasa nyeri.

Abses yang berukuran cukup besar perlu ditangani oleh dokter. Tindakan untuk mengeluarkan nanah diperlukan agar penyembuhan bisa berlangsung lebih baik. 

Artikel Lainnya: Penyebab Benjolan di Ketiak Akibat Bercukur

4. Alergi

Saat benjolan di ketiak diikuti rasa gatal, hal tersebut dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan. 

Alergi juga bisa terjadi akibat penggunaan produk pada ketiak, seperti deodoran, bahan waxing, parfum, dan sebagainya.

5. Virus

Benjolan di ketiak dapat timbul bersamaan dengan penyakit penyerta yang sedang dialami, seperti cacar air dan herpes zoster.

6. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab benjolan di ketiak. Jenis jamur tersering yang dapat menyebabkan kumpulan benjolan kecil di bawah ketiak adalah candida.

7. Lipoma

Benjolan tidak sakit dan bertekstur lunak sering disebabkan oleh lipoma, yaitu tumor jinak yang terbentuk dari jaringan lemak. 

Kondisi ini tidak tergolong emergensi. Namun, lipoma dapat dihilangkan dengan tindakan pembedahan jika sudah mengganggu kenyamanan.

Artikel Lainnya: Kelenjar Getah Bening Membesar usai Suntik Vaksin COVID-19, Bahayakah?

8. Kanker payudara

Anda mesti waspada jika terdapat benjolan di ketiak yang teraba keras dan tidak bergerak saat disentuh. Kewaspadaan mesti ditingkatkan apabila Anda juga memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara.

Kelenjar getah bening yang terdapat pada ketiak dapat membesar akibat proses pembentukan sel kanker payudara.

9. Limfoma

Limfoma adalah kanker kelenjar getah bening. Selain menyebabkan munculnya benjolan di ketiak maupun beberapa area lain di tubuh, kondisi ini juga bisa memicu demam, keringat malam, nyeri tulang, kelelahan kronis, dan lain-lain.

10. Hormonal

Tak jarang wanita juga mengeluhkan adanya benjolan di ketiak saat sedang haid. Tak perlu cemas, ini adalah kondisi yang normal. 

Ketika proses haid sudah selesai, benjolan akan hilang dengan sendirinya.

11. Leukemia

Leukimia atau kanker darah merupakan kondisi keganasan yang terjadi pada sel darah putih. Dalam kasus ini, sel darah putih berjumlah sangat banyak namun fungsinya tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Selain menimbulkan gejala tidak khas, penderita leukemia juga bisa mengalami benjolan di beberapa area tubuh. Area utama terjadinya benjolan adalah ketiak dan leher.

Ternyata, ada bermacam penyebab benjolan di ketiak kiri maupun kanan. Apakah Anda sedang mengalami keluhan serupa? 

Jika ya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai benjolan di ketiak atau kondisi medis lainnya melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

BenjolanKanker