Berita Kesehatan

Seminar Kesehatan Keluarga Melalui Secretome dan NutriGEN-ME Bersama IWAPI dan DANAMON

Christovel Ramot, 09 Des 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Seminar Kesehatan Keluarga Melalui Secretome dan NutriGEN-ME Bersama IWAPI dan DANAMON

Pada tanggal 8 Desember 2023, seminar bertajuk "Mewujudkan Kesehatan Keluarga Melalui Secretome dan NutriGEN-ME" berhasil digelar dengan sukses. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), KlikDokter dan Bank Danamon.

Seminar ini bertujuan untuk membahas peran perempuan dalam mewujudkan keluarga yang sehat, dengan fokus pada penerapan teknologi medis terkini, yaitu Secretome dan NutriGEN-ME. Para peserta dari anggota IWAPI bisa mengikuti seminar ini baik secara langsung di Menara Danamon Lt. 22 Jakarta maupun secara daring melalui platform Zoom.

Pembukaan acara ini dimulai dengan sambutan hangat dari Ibu Hj. Susi Andrianis, S.Sos.I., S.Psi., M.M, yang menjabat sebagai WKU XVI CSR & Sosial DPP IWAPI. Beliau mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya seminar ini, "Terima kasih atas terwujudnya seminar kesehatan ini untuk KlikDokter dan Danamon.

Peran perempuan sungguh penting dalam mewujudkan keluarga yang sehat, tentunya dimulai dulu dengan mewujudkan kesehatan diri sendiri." Sambutan Ibu Susi Andrianis menggarisbawahi betapa pentingnya kesadaran akan kesehatan individu dalam konteks mewujudkan keluarga yang sehat.

Peran Penting Ibu dalam Kesehatan Keluarga

Sambutan berikutnya datang dari Ibu Ir. Nita Yudi, MBA, yang merupakan Ketua Umum DPP IWAPI. Beliau menyampaikan, "Seorang Ibu berperan penting dalam menghadirkan kesehatan, baik fisik maupun mental, di tengah-tengah keluarga.

Dengan itulah seminar seperti ini begitu penting untuk memberi pengetahuan kepada kaum Ibu agar bisa memberikan arti sehat yang lebih bagi keluarga." Ibu Nita Yudi menekankan betapa perempuan, terutama ibu dalam sebuah keluarga, memiliki peran sentral dalam menjaga kesehatan anggota keluarga.

Dukungan dari KlikDokter

Bapak Hendra Tjong, CEO KlikDokter, juga memberikan sambutan dalam acara ini. Beliau menyatakan, "IWAPI dan KlikDokter menjadi mitra yang baik dalam kolaborasi mewujudkan keluarga yang sehat."

Dukungan dari KlikDokter dalam acara ini sangat penting karena KlikDokter adalah salah satu platform kesehatan terkemuka yang menyediakan informasi kesehatan yang terpercaya dan terkini kepada masyarakat. Dan melalui seminar kesehatan seperti ini, KlikDokter juga berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

Mendalami Secretome: Keajaiban di Dunia Kesehatan

Salah satu momen puncak dari seminar ini adalah presentasi dari Dokter Bambang Hady tentang stem cell dan secretome serta fungsinya dalam kehidupan manusia. 

Beliau memulai presentasinya dengan menjelaskan konsep dasar mengenai sel punca atau stem cell. Stem cell adalah sel-sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel lain dalam tubuh.

Mereka memiliki peran penting dalam proses regenerasi dan pemulihan tubuh setelah cedera atau penyakit. Stem cell juga memiliki potensi besar dalam pengobatan penyakit degeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, dan berbagai gangguan jantung.

Secretome: Rahasia Kesehatan yang Tersembunyi

Dokter Bambang Hady kemudian memperkenalkan konsep secretome, yang merupakan salah satu aspek penting dalam penelitian tentang stem cell. Secretome adalah sekumpulan faktor-faktor molekuler yang diproduksi oleh stem cell dan berperan dalam pengaturan fungsi sel-sel lain dalam tubuh. Faktor-faktor ini memiliki berbagai efek positif dalam mempercepat penyembuhan dan regenerasi sel.

Secretome dapat memengaruhi berbagai proses dalam tubuh, termasuk peradangan, pertumbuhan sel-sel baru, dan penyembuhan jaringan. Hal ini menjadikan Secretome sebagai potensi besar dalam pengembangan terapi regeneratif untuk berbagai penyakit kronis.

Penerapan Secretome dalam Kesehatan Keluarga

Dokter Bambang Hady menjelaskan bagaimana penelitian dan pengembangan terkait Secretome dapat berdampak positif pada kesehatan keluarga. Misalnya, dalam konteks luka bakar atau cedera, penggunaan Secretome dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi. Secretome juga memiliki potensi dalam pengobatan penyakit degeneratif seperti osteoarthritis dan diabetes.

Selain itu, Dokter Bambang Hady membahas bagaimana teknologi Secretome dapat membantu individu dalam upaya pemeliharaan kesehatan pribadi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Secretome, individu dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan mereka secara proaktif. Hal ini mencakup pemilihan pola makan yang sesuai, gaya hidup aktif, dan penghindaran risiko penyakit tertentu.

NutriGEN-ME: Personalisasi Nutrisi untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Dalam bagian kedua presentasinya, Dokter Bambang Hady menjelaskan tentang NutriGEN-ME, metode analisis genetik yang dapat membantu individu dalam mengoptimalkan nutrisi mereka untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Analisis Genetik untuk Nutrisi yang Tepat

Dokter Bambang Hady menjelaskan bahwa setiap individu memiliki pola genetik yang unik yang memengaruhi cara tubuh mereka menyerap dan memanfaatkan nutrisi. Analisis genetik yang canggih seperti yang digunakan oleh NutriGEN-ME dapat mengungkapkan informasi berharga tentang pola genetik seseorang dan memberikan panduan yang tepat tentang jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.

Pentingnya Personalisasi Nutrisi

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Apa yang baik untuk satu individu mungkin tidak cocok untuk yang lain. Dengan menggunakan analisis genetik, NutriGEN-ME dapat membantu individu dalam mengidentifikasi makanan dan suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka.

Hal ini dapat membantu mengoptimalkan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Seminar Kesehatan Keluarga Melalui Secretome dan NutriGEN-ME ini merupakan acara yang sangat bermanfaat dan informatif bagi para anggota IWAPI yang hadir.

Dalam seminar ini, telah disoroti pentingnya peran perempuan, terutama ibu, dalam menjaga kesehatan keluarga. Melalui pemahaman tentang Secretome dan NutriGEN-ME, peserta seminar mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana teknologi medis terkini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan keluarga.

Konsultasi Dokter Terkait