Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan Wanita8 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning yang Berbahaya
Perawatan Wanita

8 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning yang Berbahaya

Siti Putri Nurmayani, 22 Okt 2023

Ditinjau oleh dr. Gia Pratama

Icon ShareBagikan
Icon Like

Cairan keputihan yang berwarna kuning merupakan tanda keputihan abnormal. Ketahui, ini 8 penyebab keputihan berwarna kuning yang berbahaya di sini.

8 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning yang Berbahaya

Keputihan yang keluar dari vagina merupakan kondisi normal yang dialami oleh wanita. Umumnya, keputihan yang normal akan berwarna putih atau bening dan tidak berbau serta tidak gatal. 

Jika keputihan yang keluar justru berwarna kuning, menggumpal, dan disertai dengan keluhan bau dan gatal, ini menjadi tanda yang tidak normal. Tentu, kamu perlu waspada jika mengalami kondisi keputihan tersebut. 

Lalu, apa penyebab keputihan berwarna kuning? Apakah keputihan warna kuning tanda hamil? Mari ketahui sederet penyebab keputihan berwarna kuning dan bau lewat artikel di bawah ini. 

1. Infeksi Jamur

Penyebab keputihan berwarna kuning kental bisa terjadi karena infeksi jamur. Biasanya, ini disertai dengan gejala lain, seperti bau yang tidak sedap. 

“Infeksi jamur seperti infeksi candida dapat menyebabkan keputihan berwarna kuning. Ini adalah salah satu gejala umum dari infeksi jamur pada area genital wanita,” tutur dr. Gia Pratama. 

2. Trikomoniasis

Berdasarkan Health Direct, penyebab keputihan berwarna kuning bau menyengat dapat disebabkan oleh trikomoniasis. Ini merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh parasit. 

Trikomoniasis bisa terjadi tanpa disadari karena tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, jika muncul gejala, maka biasanya keputihan akan tampak kuning, kehijauan, berbusa, dan berbau busuk. 

3. Gonore

Disampaikan dr. Gia, penyebab keputihan berwarna kuning kehijauan juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual lain, seperti gonore alias kencing nanah. 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Selain menimbulkan keputihan berwarna kuning, ini juga bisa ditandai dengan rasa nyeri saat buang air kecil, perdarahan vagina yang tidak wajar, serta terasa nyeri saat berhubungan seksual.

4. Chlamydia

Selain gonore, klamidia juga menjadi salah satu penyebab warna keputihan berubah menjadi kuning. Klamidia menjadi penyakit menular seksual yang bisa dengan mudah menular lewat hubungan seksual. 

Penyebab keputihan berwarna kuning setelah berhubungan intim ini jika dibiarkan bisa merusak sistem reproduksi wanita. Selain keputihan abnormal, klamidia juga bisa menyebabkan rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil, nyeri perut dan demam, dan rasa gatal di sekitar vagina. 

Penyakit ini juga bisa mengakibatkan kehamilan ektopik. Oleh karenanya, kamu perlu waspada dengan penyebab keputihan berwarna kuning saat hamil muda, karena bisa memicu terjadinya kehamilan ektopik. 

5. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul merupakan salah satu penyebab keputihan berwarna kuning setelah haid. Kondisi ini merupakan infeksi yang menyerang organ reproduksi, seperti rahim, saluran tuba, dan ovarium. 

Sayangnya, tidak semua orang yang menderita penyakit radang panggul akan mengalami gejala. Namun, jika gejala muncul ini biasanya terdiri dari demam, sakit perut bagian bawah, perdarahan antara periode menstruasi, dan rasa terbakar saat buang air kecil. 

Artikel Lainnya: Penyebab Keputihan Warna Putih Susu dan Cara Mengatasinya

6. Servisitis

Atrofi Vagina

Servisitis atau peradangan pada serviks (mulut rahim) adalah penyebab keputihan berwarna kuning yang bau. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dan non-infeksi, seperti dermatitis kontak, penyakit autoimun, dan alat kontrasepsi IUD. 

Sering kali, servisitis tidak menimbulkan gejala apa pun, namun jika hal ini terjadi mungkin akan menimbulkan keputihan berwarna kuning yang berbau busuk. 

7. Vaginosis Bakterialis

Penyebab keputihan berwarna kuning dapat terjadi karena vaginosis bakterialis akibat terganggunya ketidakseimbangan mikroorganisme dalam vagina. Vaginosis bakterial dapat mengakibatkan iritasi dan peradangan di vagina. 

Selain warna cairan keputihan yang berubah, penyakit ini juga ditandai dengan keputihan yang berbau amis dan tampak berair. 

8. Pecah Ketuban

Ternyata, keputihan berwarna kuning juga bisa dialami oleh ibu hamil. Penyebab keputihan berwarna kuning saat hamil tua bisa karena pecah ketuban dini. Umumnya, keputihan yang keluar akan bertekstur cair dan keluar deras dari vagina. 

Pada dasarnya, ketuban merupakan cairan yang melindungi janin dalam rahim. Jika terjadi pecah ketuban dini, ini bisa menyebabkan infeksi janin dan kemungkinan bayi lahir prematur.

Itu dia sejumlah penyakit yang menyebabkan keputihan berwarna kuning. Jika cairan yang keluar berwarna kuning kecoklatan, ini bisa menjadi tanda siklus menstruasi yang pendek. Penyebab keputihan berwarna kuning kecoklatan biasanya berasal dari darah menstruasi. 

Saran Dokter Gia, keputihan berwarna kuning yang tidak biasa dan disertai dengan gejala lain seperti nyeri, gatal, atau bau tidak sedap perlu segera dilakukan pemeriksaan dan tes lab. Tujuannya untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Yuk, #JagaSehatmu dengan memperhatikan cairan keputihan yang keluar dari vagina. Jika ada yang tidak normal, segera konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter