Perawatan Wanita

Bisakah Merapatkan Miss V dengan Daun Sirih?

Intan Aprillia, 26 Nov 2023

Ditinjau oleh dr. Atika

Katanya daun sirih dipercaya dapat merapatkan vagina. Namun, apakah benar hal ini? Simak fakta medisnya berikut ini.

Bisakah Merapatkan Miss V dengan Daun Sirih?

Daun sirih dikenal memiliki berbagai macam khasiat kesehatan, seperti mengurangi infeksi gigi dan mencegah diabetes. Kamu juga mungkin pernah mendengar manfaat daun sirih untuk merapatkan miss V.

Apakah benar daun sirih bisa menjadi cara merapatkan miss V secara alami? Lalu, bagaimana cara membuat ramuan daun sirih untuk miss V? Mari kita simak ulasannya!

Fakta Medis Daun Sirih untuk Merapatkan Vagina yang Kendur

Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan keampuhan daun sirih untuk merapatkan miss V. Namun, tetap terdapat manfaat daun sirih untuk kesehatan vagina, yakni dalam mengatasi keputihan.

Keputihan adalah lendir bening yang keluar dari vagina, berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kelembapan vagina. Oleh sebab itu, keputihan sebenarnya merupakan hal yang normal.

Meski begitu, kamu perlu waspada bila keputihan mengeluarkan bau menyengat dan amis, bertekstur kental, terasa gatal, berwarna putih pekat atau berwarna kehijauan, kekuningan, serta berbusa. Tanda-tanda itu bisa menjadi gejala awal infeksi pada vagina.

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Community Empowerment for Multidisciplinary (JCEMTY) pada 2023, daun sirih mengandung essential oil dan senyawa chavikol yang membuat ramuan daun sirih punya wangi aromatik.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan juga didukung oleh sifat antijamur dan antiseptik yang bisa membunuh bakteri.

Lalu, bagaimana cara membersihkan vagina dengan rebusan air daun sirih? Berikut cara mengolah daun sirih untuk membersihkan vagina:

  1. Siapkan 7-10 lembar daun sirih.
  2. Letakkan lembaran daun sirih di panci, tambahkan 2,5 liter air.
  3. Rebus daun sirih di suhu sedang hingga mendidih.
  4. Saring air daun sirih.
  5. Gunakan rebusan daun sirih dalam kondisi hangat untuk membasuh vagina.

Berapa kali sehari harus membasuh miss V dengan daun sirih? Pada penelitian ini, responden diberikan rebusan daun sirih selama dua kali sehari, dengan cara membasuh vagina pada pagi hari dan sore hari. Dalam waktu satu minggu, keputihan yang mengganggu pun berkurang.

Membahas dosis daun sirih untuk area miss V, dr. Atika mengatakan bahwa air rebusan daun sirih boleh digunakan setiap hari.

“Air rebusan otomatis memiliki kandungan kuman yang jauh lebih rendah, jadi aman-aman saja digunakan setiap hari,” ujarnya.

Jadi, meski penggunaan daun sirih untuk merapatkan miss V belum terbukti, daun sirih tetap berkhasiat dalam mengurangi masalah keputihan.

Artikel lainnya: Daun Sirih Sebabkan Vagina Kering? Ini Faktanya

Cara Merapatkan Miss V yang Efektif

Ternyata tidak bisa menggunakan daun sirih untuk merapatkan miss V, tapi tetap ada cara lainnya untuk merapatkan miss V, kok! Ini dia cara merapatkan miss V yang efektif untuk kamu coba:

1. Latihan Kegel 

Latihan kegel merupakan salah satu cara merapatkan vagina dengan cepat. Latihan kegel sudah dikenal efektif untuk memperkuat otot panggul dan vagina.

Kamu hanya perlu berbaring di lantai, lalu lakukan kontraksi di otot panggul selama 5 detik, lepaskan selama 5 detik. Ulangi latihan ini selama 10 kali, lalu istirahat 1 menit. Kamu bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

2. Squat

Squat juga bisa menjadi cara merapatkan miss V yang efektif, karena bisa memperkuat otot panggul.

Posisikan kaki selebar bahu dengan ujung kaki sedikit terbuka. Tekuk lutut dan gerakkan tubuh ke bawah seperti akan duduk. Tahan selama beberapa detik, lalu berdiri. Lakukan gerakan squat 10-15 kali.

3. Rejuvenasi Vagina 

Vaginal Rejuvenation atau rejuvenasi vagina merupakan tindakan non-operasi untuk peremajaan vagina.

Rejuvenasi vagina menggunakan laser dan tenaga frekuensi radio untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Kolagen dapat membuat kulit jadi lebih kencang dan awet muda.

Artikel lainnya: Fakta Merapatkan Vagina dari Sudut Pandang Medis

4. Vaginoplasty

Berbeda dengan rejuvenasi vagina, vaginoplasty adalah prosedur operasi untuk merapatkan miss V dan menghilangkan jaringan berlebih. Biasanya operasi ini dilakukan oleh wanita yang mengalami vagina longgar akibat melahirkan atau pertambahan usia.

5. Neuromuscular electrical stimulation (NMES)

Neuromuscular electrical stimulation atau NMES adalah prosedur untuk mengencangkan otot vagina dengan cara mengalirkan arus listrik ke panggul menggunakan alat medis. Stimulasi elektrik ini akan membuat otot panggul berkontraksi dan rileks.

Itu dia beberapa cara merapatkan vagina yang dapat kamu coba. Daun sirih untuk merapatkan miss V memang tidak terbukti, tapi kamu bisa menjaga kesehatan vagina dan mengurangi keputihan air rebusan daun sirih.

Ingat, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu pada dokter bila ingin melakukan tindakan mengencangkan vagina. Jangan ragu untuk konsultasi lewat Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter, ya. Selalu #JagaSehatmu bersama KlikDokter!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait