Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan!

Siti Putri Nurmayani, 17 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr.Atika

Suntik vitamin C dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya? Ini berbagai manfaat suntik vitamin C untuk tubuh.

10 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan!

Vitamin C atau asam askorbat menjadi zat penting yang diperlukan untuk tubuh. Pasalnya, ada banyak manfaat dari jenis vitamin yang satu ini, baik itu untuk kulit maupun untuk kesehatan secara keseluruhan.

Selain lewat suplementasi dan makanan, beberapa orang juga mendapatkan asupan vitamin C melalui suntikan. Biasanya, dosis untuk suntik vitamin C yang diberikan lewat jauh lebih tinggi dibanding yang diminum.

Pada dasarnya, dosis vitamin C yang dibutuhkan setiap hari adalah 70-150 mg. Bagi mereka yang kekurangan vitamin C, maka memerlukan 300-1.000 mg. Untuk itu, batas maksimal yang aman pada suntik vitamin C berkisar antara 500-1.000 mg.

Lalu, apa manfaat suntik vitamin C? Apakah suntik vitamin C aman? Mari ketahui sejumlah manfaat suntik vitamin C lewat ulasan berikut ini.

1. Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Fungsi suntik vitamin C yang paling utama adalah mengatasi kekurangan vitamin C. Pasalnya, suntikan ini memang diperlukan untuk seseorang yang mengalami defisiensi vitamin C akut.

Ketika seseorang kekurangan vitamin C, ia akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan, seperti gusi berdarahradang gusi, atau terhambatnya perkembangan tulang dan gigi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Disampaikan dr. Atika, khasiat suntik vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Mengonsumsi vitamin C ketika mengalami infeksi ringan, seperti pilek atau selesma, dapat mempercepat penyembuhan.

Pasalnya, vitamin C memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat mendukung imunitas tubuh.

3. Membentuk Kolagen 

Vitamin C berperan dalam proses pembentukan kolagen. Jenis protein yang satu ini dapat memberikan kekuatan pada jaringan tubuh.

“Fungsi kolagen adalah untuk menjaga kekenyalan tubuh. Bila ingin memiliki kulit yang lembut dan kenyal, ada baiknya untuk memenuhi asupan vitamin C. Dengan begitu, proses pembentukan kolagen tidak akan terganggu,” jelas Dokter Atika.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Dikutip dari Cleveland Clinic, manfaat vitamin C dapat membantu proses penyembuhan luka. Bahkan, sering kali suplementasi vitamin C ditambahkan pada luka bekas operasi.

Misalnya, suntik vitamin C terkadang diberikan pada orang yang baru menjalani operasi caesar demi menunjang proses penyembuhan luka.

Selain luka besar, vitamin C juga bermanfaat untuk luka kecil. Untuk itu, konsumsi vitamin C secara rutin ketika kamu mengalami luka di tubuh.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut dr. Atika, kegunaan suntik vitamin C juga dapat dijadikan sebagai pengobatan penunjang dalam terapi kanker.

Dalam studi laboratorium, suntik vitamin C telah terbukti dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker prostatpankreas, hati, usus besar, dan jenis kanker lainnya.

Sejumlah manfaat tersebut berkat kandungan antioksidan kuat yang terkandung dalam vitamin C.

6. Mencerahkan Warna Kulit

Vitamin C dipercaya dapat membantu menghilangkan kemerahan pada kulit. Selain itu, suntik vitamin C dalam dosis tinggi juga dikaitkan langsung dengan tampilan kulit yang lebih cerah.

Ini kemungkinan terjadi karena efek vitamin C dosis tinggi yang menghambat kerja melanin, sel yang memberikan pigmen atau warna pada kulit.

7. Mencegah Penuaan Dini

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Suntik vitamin C dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

Radikal bebas yang berasal dari lingkungan, asap, dan polusi, atau dari dalam tubuh yang menyerang sel-sel normal dapat memicu timbulnya penuaan dini. Untuk mencegah terjadinya garis halus dan kerutan.

Artikel Lainnya: Suntik Vitamin C Dosis Berlebihan, Apa Efeknya untuk Tubuh?

8. Menurunkan Berat Badan

Injeksi vitamin C terkadang juga digunakan untuk menurunkan berat badan. Seseorang yang tidak memiliki asupan vitamin C yang cukup biasanya tidak memiliki kemampuan untuk membakar lemak dengan baik.

Oleh karenanya, penting untuk mendapatkan kadar vitamin C yang cukup guna membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh berjalan dengan baik, sehingga bisa menurunkan berat badan.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Kadar vitamin C yang rendah ternyata berkaitan langsung dengan gangguan fungsi kognitif. Hal ini memicu terjadinya stres oksidatif yang dapat mengembangkan penyakit Alzheimer.

Untuk itu, suntik vitamin C dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko demensia dan penurunan kognitif.

10. Mengurangi Tekanan Darah

Mendapatkan asupan vitamin C yang tinggi melalui suntik vitamin C dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Hal ini tentunya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Setelah mengetahui suntik vitamin C untuk apa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan suntik vitamin C. Namun, ada baiknya #JagaSehatmu dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tanyakan apakah kamu benar-benar membutuhkan suntik vitamin C.

Gunakan layanan Tanya Dokter lewat aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah dan cepat. Supaya lebih aman, pastikan pihak yang memberikan suntikan vitamin C adalah dokter atau tenaga kesehatan yang kompeten, ya!

(NM)

suntikvitamin Csuntik vitamin C

Konsultasi Dokter Terkait