Sukses

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Pernah merasakan sakit pada perut sebelah kanan? Salah satu dari beberapa kondisi ini bisa jadi biang keroknya.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit perut adalah salah satu keluhan yang paling umum terjadi. Rasa nyeri yang dialami tiap orang pun bervariasi, mulai dari rasa penuh dan begah, mual, kram, hingga rasa sakit yang tajam serasa ditusuk-tusuk dan kram. Ada yang terjadi tiba-tiba, ada pula yang dialami secara perlahan dengan intensitas yang semakin berat. Apapun jenis rasa sakitnya, jika dibiarkan bisa mengakibatkan gangguan semakin serius.

Ada beberapa organ yang terdapat dalam rongga perut sebelah kanan, sehingga sakit perut ini tidak selalu disebabkan oleh organ pencernaan. Beberapa kemungkinan yang terjadi ketika perut sebelah kanan Anda terasa sakit antara lain:

1. Sakit perut sebelah kanan atas

  •  Masalah organ lambung

Beberapa kondisi seperti gastritis (radang lambung) atau tukak lambung dapat menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut sebelah kanan atas. Keluhannya dapat disertai rasa penuh di perut, mual, dan nyeri. Penyebab sakit ini biasanya dipengaruhi oleh makanan.   

  •  Masalah organ hati dan kandung empedu

Organ hati dan kandung empedu terdapat di perut kanan atas. Karenanya, penyakit seperti hepatitis, batu empedu, atau radang saluran empedu bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan. Perbedaannya pada hepatitis, umumnya terdapat demam dan kulit berwarna kuning. Pada radang saluran empedu, selain demam dan kulit berwarna kuning, pasien juga mengeluhkan mual, muntah, dan rasa sakit yang menjalar hingga ke punggung. Sementara sakit perut karena batu empedu umumnya hilang timbul, dan dipengaruhi oleh konsumsi makanan berlemak.

  •  Masalah organ ginjal

Kondisi seperti batu ginjal dan batu saluran kemih sering kali menimbulkan sakit perut sebelah kanan. Gejala lain yang dapat dialami oleh penderitanya adalah keluhan sulit buang air kecil serta nyeri pinggang.

2. Sakit perut sebelah kanan bawah

  • Masalah organ pencernaan

Kondisi yang cukup sering menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah adalah radang usus buntu (appendisitis akut). Seseorang diduga mengalami radang usus buntu bila sakit perutnya berawal dari tengah perut, yang kemudian beralih ke kanan bawah disertai mual, muntah, dan demam. Penyakit ini memerlukan penanganan segera untuk menghindari terjadinya komplikasi.

  • Masalah organ kandungan

Pada wanita, sakit perut sebelah kanan bawah dapat disebabkan oleh kista ovarium kanan dan kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik).  Keluhan pada penderita kista ovarium biasa berupa sakit perut menjalar hingga ke selangkangan. Umumnya para penderita kista juga sulit mendapatkan keturunan. Sementara pada kehamilan ektopik, sakit perut dirasakan sangat hebat dan membutuhkan penanganan segera.  

Selain langkah pertama mengidentifikasi penyebab sakit perut di sebelah kanan, ada pula lima hal yang harus Anda ketahui tentang tanda bahaya sakit perut sebelah kanan.

  • Mual dan muntah secara terus-menerus
  • Sulit makan
  • Muntah bercampur darah
  • Buang air besar berdarah
  • Kulit berwarna kuning diikuti pembesaran perut

Bila Anda merasakan tanda bahaya yang disebutkan di atas, jangan berpikir panjang untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ketahui segera penyebabnya sehingga dokter dapat memberikan penanganan dan pengobatan tepat, untuk mengatasi sakit perut sebelah kanan yang mengganggu Anda.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar