Sukses

Tips Pintar Melatih Kemandirian Si Kecil

Kemandirian yang dilatih sejak dini, membantu Si Kecil dalam mencapai kesuksesannya saat dewasa nanti. Mari simak tips pintarnya di sini.

Tidak selamanya Si Kecil dapat bergantung kepada Ayah dan Bundanya. Oleh karena itu, melatih kemandirian sejak dini adalah penting. Kemandirian adalah sikap yang diperoleh melalui proses yang dialami Si Kecil dalam masa perkembangannya. Faktanya, melatih keterampilan ini mendatangkan banyak manfaat bagi Si Kecil.

Si Kecil akan mulai belajar tentang tanggung jawab dan memungkinkan mereka memiliki kendali atas hidupnya sendiri. Dengan melatih kemandirian, Si Kecil lebih menghargai diri, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberi motivasi untuk selalu tekun di sekolah.

Sebaliknya, Si Kecil yang kurang diasah kemandiriannya akan berdampak pada kontrol emosi. Dia akan menjadi lebih manja dan memiliki sifat acuh tak acuh.

Tips Latih Kemandirian

Ada banyak tips sederhana yang dapat dilakukan untuk melatih kemandirian Si Kecil dan dapat dipraktikkan setiap hari di rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Ajarkan keterampilan bagaimana melakukan sesuatu sendiri atau self-help. Banyak cara yang Bunda dapat lakukan disini, seperti membiarkan Si Kecil memakai baju sendiri, mandi sendiri, bisa buang air sendiri, hingga makan sendiri.
  • Mulai memberikan tugas sederhana untuk melatih tanggung jawab Si Kecil. Misalnya saja membiasakan dia meletakkan pakaian kotor sendiri di keranjang, merapikan tempat tidurnya sendiri, dan membereskan mainan setelah bermain.
  • Ajarkan Si Kecil kemampuan memecahkan masalahnya sendiri. Pemecahan masalah pada anak usia dini merupakan sebuah keterampilan yang bisa dikreasikan dalam berbagai hal dari kegiatan sehari-hari. Misalnya, saat bermain puzzle, game, dan saat menyelesaikan pekerjaan sekolah.
  • Memberi kesempatan pada Si Kecil untuk memutuskan sendiri dan memilih apa yang membuat mereka bahagia. Salah satunya, memberikan Si Kecil kesempatan untuk memilih menu makanan sendiri. Dengan berlatih mengambil pilihan sendiri, Si Kecil akan mengembangkan kematangan emosinya.
  • Usahakan untuk memuji Si Kecil secara tepat. Misalnya, saat Si Kecil bisa makan sendiri atau saat dia berhasil merapikan sendiri tempat tidurnya.

Meski demikian, melatih kemandirian juga memerlukan dasar yang kuat, yaitu optimalnya perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil sejak dini.

Itu sebabnya, nutrisi untuk perkembangan otak, daya tahan tubuh kuat, dan pertumbuhan optimal Si Kecil harus diberikan. Misalnya melalui nasi, ikan, daging merah, kacang-kacangan, sayuran, termasuk susu.

Lengkapi Nutrisi dengan Susu

Nah, susu yang dapat membantu Si Kecil mencapai tumbuh kembang optimal adalah Morinaga Platinum MoriCare Zigma, yang terdiri dari Morinaga Chil Kid untuk usia 1 - 3 tahun dan Morinaga Chil School untuk usia 3 - 12 tahun.

Susu pertumbuhan ini memiliki sinergi nutrisi tepat untuk Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil.

Untuk Kecerdasan Multitalenta, Morinaga Platinum MoriCare Zigma mengandung AA & DHA untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan. Sementara itu, alfa laktalbumin untuk kemampuan berpikir, kolin yang berfungsi untuk memperkuat daya ingat, dan zat besi untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar.

Selain itu, masih ada Omega-6 dan Omega-3, yakni asam lemak esensial sebagai bahan pembentuk AA dan DHA; serta fosfolipid yang merupakan komponen penting untuk membentuk fungsi otak Si Kecil.

Untuk Pertahanan Tubuh Ganda agar tak mudah sakit, Morinaga Platinum MoriCare Zigma mengandung nukleotida untuk meningkatkan antibodi, laktoferin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu melawan infeksi saluran nafas dan saluran cerna.

Ada juga Serat Pangan GOS yang merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna. Susu pertumbuhan ini dilengkapi dengan triple bifidus yang merupakan gabungan tiga bakteri baik (bifidobakterium) di saluran cerna, yaitu:

  • Bifidobacterium longum BB536 yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas, seperti influenza dan ISPA.
  • Bifidobacterium breve M-16V yang ampuh mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain.
  • Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi serta mencegah dan mengurangi gejala alergi.

Untuk Tumbuh Kembang Optimal, Morinaga Platinum MoriCare Zigma dilengkapi dengan kalsium, vitamin D, dan magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ada juga Whey Protein sebagai komponen penting dalam pertumbuhan, beta palmitat untuk penyerapan kalsium dan lemak lebih baik, serta vitamin dan mineral.

Selain nutrisi lengkap, Bunda juga tidak boleh luput untuk memberikan aneka permainan untuk mengasah kemandirian Si Kecil. Ide-ide permainan dapat Bunda peroleh di www.morinagamiplayplan.com!  Pada website Morinaga Multiple Intelligence Play Plan (MIPP) ini, Bunda bisa menemukan aneka permainan seru untuk mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil sekaligus melatih kemandiriannya.

Website Morinaga MIPP membantu Bunda mencari tahu bagaimana menstimulasi Kecerdasan Majemuk Si Kecil melalui rencana bermain sehari-hari sesuai dengan usia dan kategori kecerdasan majemuknya. Ada kategori kecerdasan emosi juga yang berkaitan erat dengan kemandirian Si Kecil. Dengan begini, kecerdasan dan kemandiriannya akan terasah secara berkesinambungan. Bunda sekaligus bisa menciptakan quality time bersamanya.

Melatih kemandirian harus dilakukan sejak dini. Dengan cara ini, Si Kecil akan tumbuh mandiri, bertanggung jawab, dan lebih percaya diri. Di samping itu, pastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap dari susu Morinaga Platinum MoriCare Zigma dan stimulasi tepat dari website Morinaga MIPP agar menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar