Sukses

Ruam Merah pada Si Kecil, Apakah Tanda Alergi?

Muncul ruam merah di kulit Si Kecil? Jangan-jangan disebabkan oleh alergi! Simak penjelasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Ruam merah menjadi salah satu keluhan yang sering muncul di kulit Si Kecil. Munculnya bintik-bintik merah ini tak pelak kerap membuat para orang tua khawatir. Selain tidak sedap dipandang, ruam merah dapat membuat Si Kecil lebih rewel. Lantas, apakah ruam merah adalah tanda Si Kecil memiliki alergi?

Alergi penyebab ruam merah

Ruam merah di tubuh Si Kecil disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan. Antara lain, infeksi virus (cacar air atau campak), infeksi jamur (dermatofitosis atau tinea), infeksi parasit (skabies), termasuk alergi. Namun faktanya, alergi adalah penyebab paling umum munculnya ruam merah pada Si Kecil.

Alergi adalah reaksi abnormal berupa hipersensitivitas dari sistem imunitas terhadap zat asing yang dianggap sebagai pencetus alergi (alergen). Reaksi alergi pada anak dapat terjadi secara langsung saat anak terpapar alergen pertama kali atau terjadi setelah paparan selanjutnya.

Alergen dapat berupa makanan yang dikonsumsi, zat yang dihirup, obat yang digunakan, maupun berbagai zat yang berkontak dengan kulit. Tungau debu, susu, serbuk sari, asap rokok,dan sengatan serangga juga dapat menjadi alergen pada anak.

Di samping ruam merah, reaksi alergi dapat disertai gejala lain yang dapat berbeda pada setiap individu. Misalnya, bersin-bersin, hidung berair, mata berair, batuk, dan sesak napas. Tingkat keparahan reaksi alergi pun beragam, dari ringan hingga berat, bahkan dapat mengancam jiwa.

Risiko alergi pada Si Kecil

Pada dasarnya, kelompok anak memang lebih berisiko mengalami alergi, terutama bila salah satu atau kedua orang tua memiliki riwayat alergi. Riwayat asma pada keluarga juga dihubungkan dengan peningkatan risiko alergi pada Si Kecil. Kemudian, jika Si Kecil mengalami asma, ia akan lebih rentan mengalami reaksi alergi pula.

Untuk menentukan diagnosis alergi pada Si Kecil, diperlukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti skintest, dan laboratorium darah. Pada skintest, dokter akan melakukan sedikit penusukan pada area kulit lengan bawah, lalu dipaparkan dengan beberapa zat yang diduga sebagai alergen.

Jika Si Kecil positif alergi dengan alergen, akan muncul kemerahan dan bengkak yang melebihi standar normal pada area penusukan tersebut. Selain itu, pemeriksaan laboratorium darah dengan penilaian kadar IgE (antibodi yang berperan pada reaksi alergi) juga berfungsi untuk menentukan diagnosis alergi.

Solusi penanganan alergi susu

Prinsip utama penanganan alergi adalah dengan menghindari alergen sebelum timbul reaksi alergi. Nah, bila Si Kecil mengalami alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, Bunda dapat memberikan susu Morinaga Chil Kid atau Chil School Soya MoriCare+ Prodiges. Susu Morinaga Soya terbuat dari 100 persen protein soya dengan kualitas setara susu sapi.

Morinaga Chil Kid dan Chil School Soya MoriCare+ Prodiges hadir kandungan L-Metionin, Karnitin, Asam Amino Esensial, serta vitamin dan mineral. Dengan formula MoriCare+ Prodiges, Morinaga Soya membantu Si Kecil meraih kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, serta tumbuh kembang yang optimal.

Susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid dan Chil School Soya juga mengandung Probiotik Bifidobacterium Ganda (Bifidobacterium longum dan Bifidobacterium breve). Keduanya dapat membantu mengurangi gejala alergi yang muncul serta meningkatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Bifidobacterium longum, selain meningkatkan penyerapan nutrisi, juga membantu mencegah infeksi saluran napas. Adapun, Bifidobacterium breve bermanfaat untuk mencegah diare dan infeksi saluran cerna. Dengan Probiotik Bifidobacterium Ganda, saluran pencernaan Si Kecil dapat terjaga dengan baik.

Ruam merah pada Si Kecil dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya reaksi alergi. Bila Bunda menemui gejala alergi pada Si Kecil, segera periksakan ke dokter. Penanganan dini akan memberikan hasil terapi yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa berikan Morinaga Chil Kid atau Chil School Soya MoriCare+ Prodiges agar nutrisi Si Kecil terpenuhi meski alergi susu sapi.

[HNS/ RH]

1 Komentar