Sukses

4 Cara Agar Tubuh Bebas Kuman Usai Olahraga

Cucuran keringat ketika berolahraga dapat menjadi media kuman untuk berkembang dan menyebabkan penyakit. Lakukan ini sebagai solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan aktivitas positif yang mendatangkan banyak manfaat, mulai dari penurunan berat badan hingga menjaga kebugaran. Sayangnya, olahraga pun bisa menjadi ajang kuman untuk menyerang dan menyebabkan berbagai penyakit pada diri Anda.

Ya, itu karena olahraga membuat tubuh Anda bercucuran keringat sehingga terasa lembap. Belum lagi, Anda juga berkontak dengan berbagai benda yang mungkin tidak terjaga kebersihannya.

Sehubungan dengan itu, studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa sepeda statis berpotensi menjadi sarang bakteri 39 kali lebih tinggi dibandingkan baki plastik di food court. Treadmill membawa bakteri 74 kali lebih banyak dibandingkan keran air. Sementara alat angkat beban menjadi sarang bakteri 362 kali lebih besar dibandingkan dudukan toilet.

Hal-hal seperti itu tentu sangat sulit untuk dihindari, apalagi jika Anda berolahraga di pusat kebugaran. Lantas, bagaimana solusinya? Apa yang harus dilakukan agar tubuh bebas kuman setelah berolahraga?

  1. Ganti pakaian olahraga yang sudah basah

Pergi ke kafe atau restoran setelah berolahraga sambil mengunggah foto dengan menggunakan baju olahraga mungkin terlihat keren. Namun, menggunakan baju olahraga yang sudah berkeringat secara terus-menerus akan membuat tubuh Anda menjadi sarang kuman.

Baju yang lembap dan menempel di kulit akan membuat Anda rentan mengalami jerawat, infeksi jamur, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, jika Anda tak ingin mengalami kondisi itu, solusi terbaiknya adalah segera mandi setelah berolahraga. Jika tidak memungkinkan untuk mandi, setidaknya gantilah baju Anda yang sudah basah dengan yang masih kering.

  1. Hindari menyeka keringat dengan tangan

Menghabiskan waktu 30 menit di pusat kebugaran membuat Anda terpapar dengan kuman dalam jumlah yang banyak. Jadi, pastikan Anda tidak membersihkan atau menyeka keringat di wajah dengan tangan. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi jika Anda tak ingin jerawat muncul di jawah.

Akan lebih baik bila Anda menggunakan handuk untuk menyeka keringat. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah Anda selesai berolahraga, ya!

  1. Bersihkan matras olahraga Anda

Apakah Anda adalah penggemar olahraga yoga yang selalu membawa matras sendiri? Jika ya, sebaiknya bersihkan matras tersebut setiap kali Anda selesai menggunakannya.

Seperti diketahui, permukaan yang lembap dan hangat merupakan area favorit kuman untuk berkembang biak. Jadi, jika Anda membiarkan matras yoga dalam keadaan itu setelah selesai digunakan, kuman akan dengan senang hati tumbuh dan berkembang di benda tersebut.

Akibatnya, risiko Anda terkena penyakit akan meningkat berlipat ganda. Risiko ini tentu akan lebih tinggi lagi jika Anda menggunakan matras milik pusat kebugaran yang dipakai bersama-sama dengan orang lain.

  1. Segera mandi setelah berolahraga

Keringat yang keluar setelah berolahraga dan membasahi baju Anda membuat kuman menjadikannya sebagai sarana berkembang biak. Maka dari itu, agar kuman tersebut tidak menyebabkan bau badan berkelanjutan dan beragam penyakit merugikan, segerakan diri Anda untuk mandi menggunakan sabun anti-bakteri.

Faktanya, The Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa penggunaan sabun antibakteri saat mandi dapat menurunkan dampak buruk dari kuman hingga 44 persen.

Jangan sampai aktivitas yang seharusnya membawa segudang manfaat sehat justru mendatangkan hal sebaliknya. Lakukan tips di atas usai olahraga, agar tubuh Anda tidak dijadikan kuman sebagai sarana untuk tumbuh, berkembang, dan menyebabkan beragam penyakit berbahaya. Salam sehat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar