Sukses

4 Manfaat Utama Puasa di Bulan Ramadan untuk Kesehatan

Puasa Ramadan ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat yang akan Anda dapatkan.

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat Muslim. Meskipun bagi sebagian orang puasa itu cukup berat, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang menunjang kesehatan.

Apa saja manfaat yang bisa didapat? Berikut beberapa di antaranya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun puasa di bulan Ramadan tidak selalu berhasil, tapi bagi beberapa orang puasa dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dapat terjadi jika makanan buka dan sahur yang Anda konsumsi juga diatur, sehingga tidak mengandung kalori yang berlebih.

Manfaat menurunkan berat badan ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang rentan dimiliki oleh orang yang obesitas.

2. Menurunkan kadar gula darah

Saat puasa, Anda tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam lamanya. Kondisi ini menyebabkan kadar gula darah Anda menurun. Walaupun keadaan ini terkadang menguntungkan bagi penderita diabetes, Anda tetap harus berhati-hati. Karena puasa dapat meningkatkan risiko hipoglikemi atau kadar gula darah yang rendah.

Ketika terjadi hal tersebut, bukan berarti Anda tidak boleh berpuasa. Hanya saja Anda harus berhati-hati. Periksakan kadar gula darah Anda saat merasa ada yang tidak beres dalam tubuh.

3. Mengubah kebiasaan makan menjadi lebih terjadwal

Saat puasa Anda akan sahur dan berbuka di waktu yang sama selama 30 hari. Sahur sekitar jam empat pagi dan berbuka sekitar jam enam sore.

Jika saat tidak puasa Anda makan di waktu yang tidak teratur, maka bulan puasa adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengatur waktu makan yang lebih terjadwal. Dengan demikian, metabolisme tubuh menjadi lebih baik juga.

Bagi Anda yang memiliki mag, adanya jadwal makan yang teratur dan tepat waktu juga bisa menjadi cara agar mag Anda tidak kambuh.

4. Menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung

Puasa Ramadan ternyata memiliki fungsi dalam menurunkan kadar LDL (lemak jahat) dan meningkatkan HDL (lemak baik). Dengan kata lain Anda juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung lewat berpuasa.

Selain keempat manfaat di atas, hal yang tak kalah penting adalah risiko dehidrasi yang dapat Anda alami saat berpuasa tanpa persiapan yang cukup. Lalu pada penderita diabetes juga bisa menyebabkan hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah jika sebelum berpuasa Anda tidak berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang mungkin menyerang Anda, usahakan konsumsi cukup air putih saat sahur dan berbuka, serta jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau usai beraktivitas, agar Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Walau puasa juga memberikan banyayk manfaat kesehatan, kebiasaan hidup bersih seperti cuci tangan dengan sabun tetap diperlukan untuk menjaga agar tubuh tidak mudah tertular berbagai macam penyakit, baik yang disebabkan ole virus ataupun faktor lainnya.

Dengan berbagai manfaat dan risiko yang dapat diambil dari puasa di bulan Ramadan, maka ada baiknya lakukan puasa jika memang tidak ada kondisi lain yang menghalangi. Bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu, ada baiknya periksakan diri ke dokter sebelum berpuasa.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar