Sukses

Kiat Mengembangkan Bakat si Kecil

Tiap anak terlahir dengan keunikan dan bakat masing-masing. Tugas Ayah dan Bunda yaitu mengenali dan membantu mengembangkan bakat si Kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua tentu berharap anaknya berprestasi dan mencapai keberhasilan dalam hidup. Baik prestasi akademik yang diperoleh dari bangku sekolah, maupun prestasi di luar sekolah. Berbagai faktor seperti lingkungan keluarga, pola pengasuhan, minat, dan bakat anak tentu memengaruhi hal tersebut.

Minat dan bakat si Kecil juga sering dianggap punya peran yang sangat besar dalam pencapaian si Kecil. Para orang tua pun berlomba-lomba melakukan tes untuk mengetahui minat dan bakat anaknya.

Tes untuk mengetahui minat dan bakat seseorang dalam beberapa hal memang diperlukan. Hasilnya pun tak jarang sangat membantu dalam perkembangan si Kecil. Namun dengan beberapa kiat sederhana, orang tua sudah dapat mengenali bakat si Kecil sejak dini dan membantu anak mengembangkan diri sesuai bakatnya.

Berikut ini beberapa kiat sederhana dalam mengenali dan mengembangkan bakat si Kecil sejak dini:

  • Beri kesempatan si Kecil untuk mencoba banyak hal

Orang tua yang berbakat dalam bidang musik kemungkinan besar anaknya akan memiliki bakat yang serupa. Namun, jangan membatasi perkembangan si Kecil di bidang musik.

Biarkan si Kecil mencoba bidang lainnya, seperti seni lukis, seni tari, olahraga, dan sebagainya. Dengan demikian si Kecil akan lebih terbuka terhadap bidang yang lain dan dapat mengembangkannya.

  • Lakukan observasi ketika si Kecil bermain

Saat si Kecil bermain, baik bermain sendiri ataupun bersama teman-temannya, perhatikan apa yang dilakukannya. Hal ini bukan berarti Bunda menginterupsinya saat bermain, tetapi perhatikanlah apa yang biasanya si Kecil lakukan saat bermain atau permainan apa yang sering ia pilih.

Misalnya, ada beberapa anak yang lebih memilih menari, ada yang lebih memilih duduk diam sambil menggambar, atau ada anak yang lebih tertarik bermain di luar ruangan daripada di dalam ruangan. Hal-hal tersebut akan membantu Bunda mengarahkan minatnya.

Selain itu, perhatikan pula, apa yang lebih mudah dikuasai si Kecil saat beraktivitas. Sebagai contoh, si Kecil yang berbakat dalam bidang musik akan memiliki ketajaman pendengaran yang baik terhadap notasi lagu. Sementara si Kecil yang berbakat dalam bidang olahraga akan lebih mudah belajar suatu cabang olahraga, seperti berenang atau bermain bola.

  • Hindari memaksakan kehendak

Bakat si Kecil sering kurang berkembang karena orang tua yang terlampau memaksakan kehendak. Hargailah pilihannya dan dukung si Kecil untuk mengembangkannya.

Bila si Kecil bisa menghabiskan waktu berlama-lama untuk menggambar, jangan sebut ia pemalas atau buang-buang waktu. Bunda perlu mendukung dengan memberikan ruang dan waktu untuk melakukan kegemarannya.

  • Dukung si Kecil secara penuh

Setelah Bunda mengetahui bakat si Kecil, berikan dukungan penuh. Memberi dukungan tidak hanya sebatas materi, tetapi bisa juga dengan memperkenalkannya pada teman-teman yang memiliki kesamaan minat. Anda juga perlu menghargai setiap pencapaiannya, memberi pujian atas usaha kerasnya, dan menyemangatinya bila ia gagal.

Dengan dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitarnya, bakat si Kecil dapat berkembang dengan optimal. Selain itu, si Kecil dapat mencapai potensi yang maksimal.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar