HomeInfo SehatJantungCara Alami untuk Cegah Serangan Jantung
Jantung

Cara Alami untuk Cegah Serangan Jantung

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 22 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konon, daun salam sangat efektif mencegah serangan jantung. Apakah ini hanya rumor semata atau merupakan fakta?

Cara Alami untuk Cegah Serangan Jantung

Daun dikenal berkhasiat memperlambat penuaan dan mempercepat regenerasi sel ini juga diyakini mampu mencegah serangan jantung. Sebagian masyarakat Indonesia memang tak asing dengan daun salam.

Daun salam memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, caffeic acid, dan rutin. Kandungan tersebut membuat daun salam memiliki efek anti-peradangan, yang bermanfaat untuk:

  • Melindungi lapisan pembuluh darah
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL)
  • Menekan kadar trigliserida
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

Dengan khasiat di atas, daun salam terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung di kemudian hari. Untuk mendapatkan fungsi ini, Anda dapat menyajikan daun salam sebagai minuman.

Caranya, ambil 10–15 lembar daun salam. Kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Rebus daun salam yang sudah bersih tersebut dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, tuang dan sajikan rebusan daun salam di dalam gelas. Rebusan daun salam sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa pencegahan serangan jantung perlu diimbangi juga dengan pola hidup sehat.

Pastikan Anda teratur periksa kolesterol, awasi asupan dan pola makan, nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, giat berolahraga, kendalikan berat badan dan hindari stres, dan awasi tekanan darah. Selain itu, lengkapi juga dengan konsumsi plant stanol ester yang telah teruji secara klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu penyakit jantung koroner.

(NB/ RH)

Cegah Serangan JantungCara AlamiSerangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait