Sukses

Penyebab Sakit Kepala Saat Menyusui

Beberapa wanita mengalami sakit kepala saat menyusui. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu gangguan yang dihadapi ibu menyusui adalah sakit kepala. Kondisi sakit kepala sebenarnya bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit. Penyebabnya pun dapat beraneka ragam.

Nah, apa saja hal-hal yang dapat mencetuskan sakit kepala saat menyusui? Berikut adalah lima penyebab yang paling sering:

  • Kurang tidur dan kelelahan

    Ibu menyusui kerap mengalami kelelahan dan kurang tidur karena harus menyusui bahkan di malam hari. Hal ini dapat mencetuskan sakit kepala.

    Oleh karena itu, upayakan untuk beristirahat sejenak di sela-sela jadwal menyusui. Anda juga bisa meminta bantuan suami atau keluarga untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah yang berat selama menyusui.

  • Dehidrasi

    Kebutuhan cairan pada ibu menyusui meningkat karena selain untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, ibu menyusui juga memerlukan asupan cairan tambahan untuk memproduksi ASI.

    Itu sebabnya, kurangnya asupan cairan dapat memicu dehidrasi dan sakit kepala. Untuk mencegahnya, minumlah satu gelas air setiap kali selesai menyusui.

  • Anemia

    Kehamilan dan proses melahirkan dapat menyebabkan ibu menyusui kekurangan darah. Jika tidak diatasi, hal ini dapat menyebabkan mudah lelah, pusing, dan sakit kepala.

    Untuk itu, pastikan nutrisi Anda terjaga selama kehamilan termasuk zat besi. Bila perlu, minumlah suplemen penambah zat besi.

  • Pengaruh hormonal

    Perubahan kadar hormon yang terjadi setelah proses melahirkan juga dapat mencetuskan sakit kepala. Untuk menjaga keseimbangan hormon, pastikan makan dan minum teratur, istirahat yang cukup, serta melakukan latihan fisik secara rutin.

  • Stres psikologis

    Beban mental dan pikiran karena kerepotan mengurus bayi atau masalah ekonomi juga dapat mencetuskan sakit kepala. Untuk itu, jangan ragu untuk meminta bantuan suami atau keluarga untuk menangani beberapa urusan keluarga. Hal ini tentunya dapat meringankan beban.

Melakukan kegiatan relaksasi seperti mandi air hangat, meditasi, menghirup aromaterapi, atau pijat refleksi juga dapat membantu menghilangkan stres psikologis Anda.

Jika sakit kepala muncul saat menyusui, berhati-hatilah dalam menggunakan obat karena beberapa jenis obat dapat masuk ke ASI. Pilihlah jenis obat yang aman untuk menyusui.

Baca keterangan pemakaian obat dengan cermat atau berkonsultasi dengan dokter bila Anda ragu. Tanpa sakit kepala, menyusui pun akan lebih tenang, bukan?

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar