Kesehatan Anak

Awas, Perlengkapan Sekolah Anak Bisa Jadi Sarang Kuman

dr. Sara Elise Wijono MRes, 08 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa perlengkapan sekolah anak bisa menjadi sarang kuman. Ingatkan si Kecil untuk lebih berhati-hati.

Awas, Perlengkapan Sekolah Anak Bisa Jadi Sarang Kuman

Anda pasti akan kembali sibuk saat si Kecil mulai masuk sekolah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut tahun ajaran baru. Mulai dari seragam, buku, ransel, sampai alat tulis tentu tak boleh ketinggalan.

Anda sebaiknya lebih berhati-hati terhadap beberapa perlengkapan sekolah anak, karena bisa menjadi sarang kuman. Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu mendapat perhatian khusus agar tidak mengganggu kesehatan anak:

1. Sepatu

Berbagai macam kuman bisa menempel pada sepatu. Untuk menghindari infeksi penyakit, Anda perlu mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan setelah melepas sepatu sepulang sekolah. Ajak juga anak untuk mencuci sepatu secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman.

2. Ransel

Ransel merupakan tempat menyimpan berbagai keperluan sekolah anak. Benda yang satu ini biasanya diletakkan secara sembarang, sehingga kuman dapat dengan mudah berpindah ke permukaan ransel. Pada bagian dasar ransel, khususnya, dapat ditemukan koloni kuman dalam jumlah besar.Karena itu, ajari anak untuk menggantung tas ransel saat tidak digunakan. Selain itu, cucilah ransel secara teratur.

3. Alat tulis

Alat tulis mungkin merupakan peralatan sekolah yang paling sering dipakai anak. Tangan anak Anda tentu akan selalu bersentuhan dengan alat tulis. Padahal, belum tangan tak selalu bersih. Tak hanya itu. Selalu ada kemungkinan juga alat tulis anak dipinjam oleh temannya yang sedang sakit. Hal ini bisa menyebabkan alat tulis menjadi sarang kuman.

Nah, demikian tadi beberapa peralatan sekolah yang dapat menjadi sarang kuman. Untuk mencegah serangan infeksi dan penyakit karena kuman, Anda dan anak harus bekerja sama menjaga kebersihan.

Setidaknya, Anda bisa memulainya dengan menjaga kebersihan rumah terlebih dahulu. Bersihkan setiap bagian rumah secara rutin, bila perlu gunakan cairan disinfektan. Jangan lupa, ingatkan anak untuk rajin mencuci tangan dengan benar.

[BA/ RH]

AnakSarang KumanPeralatan Sekolah

Konsultasi Dokter Terkait