HomeIbu Dan anakKesehatan AnakInilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya
Kesehatan Anak

Inilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 04 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berapakah rata-rata tinggi badan anak Indonesia sesuai umurnya? Berapa idealnya dan apa saja yang memengaruhi tinggi badan anak?

Inilah Tinggi Badan Anak Indonesia Sesuai Usianya

Setiap orangtua pasti ingin pertumbuhan dan perkembangan anaknya berlangsung optimal. Salah satu faktor yang dapat menjadi acuan adalah tinggi badan. 

Jika orangtua menemukan perbedaan tinggi badan anak mereka dengan teman sebayanya, biasanya mereka akan bertanya-tanya. 

Sebenarnya, berapakah tinggi badan rata-rata anak Indonesia berdasarkan usianya? Ketahui selengkapnya di ulasan berikut ini.

Tabel Tinggi Badan Anak Menurut Usia

Menurut data dari Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), tinggi badan anak ideal dari berbagai negara menunjukkan bahwa rata-rata tinggi badan anak di Indonesia adalah:

Usia

Tinggi Badan Anak Laki-laki 

Tinggi Badan Anak Perempuan

1 tahun

71,7 cm

69,8 cm

2 tahun

81,5 cm

79,2 cm

3 tahun

89,0 cm

87,8 cm

4 tahun

95,8 cm

95,0 cm

5 tahun

102,0 cm

101,1 cm

6 tahun

107,7 cm

106,6 cm

7 tahun

113,0 cm

111,8 cm

8 tahun

118,1 cm

116,9 cm

9 tahun

122,9 cm

122,1 cm

10 tahun

127,7 cm

127,5 cm

11 tahun

132,6 cm

133,5 cm

12 tahun

137,6 cm

139,8 cm

13 tahun

142,9 cm

145,2 cm

14 tahun

148,8 cm

148,7 cm

15 tahun

155,2 cm

150,5 cm

16 tahun

161,1 cm

151,6 cm

 

Artikel Lainnya: Daftar Makanan untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Pentingnya Memantau Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Karena tinggi badan adalah salah satu indikator untuk menentukan status gizi anak, penting bagi orangtua untuk memperhatikan tinggi badan anak Anda. 

Hal ini untuk mengetahui status gizi anak, seperti gizi baik, gizi berlebih, gizi kurang, atau bahkan sampai gizi buruk. Status gizi ini penting untuk mencegah stunting yang merupakan salah satu masalah gizi pada anak.

Stunting adalah kondisi tubuh anak yang pendek karena gagal tumbuh dan kekurangan zat gizi kronis dalam waktu lama. Untuk menghindarinya, penting untuk selalu memperhatikan tinggi badan anak. 

Orangtua dapat memastikan perkembangan dan pertumbuhan anak dengan membawa anak ke posyandu atau ke dokter secara teratur. Dokter atau petugas kesehatan lainnya akan mengukur tinggi badan dan berat badan anak. 

Dari data tersebut, dokter atau petugas kesehatan lainnya akan memperhitungkan apakah perkembangan atau tinggi badan anak sudah ideal sesuai dengan umur atau belum.

Artikel Lainnya: Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Anak

Hal-Hal yang Pengaruhi Tinggi Badan Anak

Walaupun demikian, terdapat banyak faktor yang memengaruhi tinggi badan ideal anak sehingga tidak bisa disamaratakan dengan anak lainnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan anak:

  • Genetik atau Keturunan

Jika kedua orangtua anak memiliki tubuh yang relatif tinggi, maka kemungkinan anak bertumbuh tinggi akan semakin besar. Inilah yang disebut sebagai potensi genetik.

  • Kecukupan Nutrisi

Tinggi badan anak berbanding lurus dengan kecukupan nutrisi yang diperolehnya. Sehingga agar anak memiliki tinggi badan yang optimal, mereka perlu diberikan nutrisi yang berkualitas sedini mungkin bahkan mulai dari dalam kandungan.

  • Durasi Tidur

Berdasarkan penelitian, anak yang kekurangan waktu tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk akan cenderung mempunyai tinggi badan yang kurang. 

Durasi tidur yang ideal untuk bayi adalah 18 jam per hari, 10–13 jam per hari untuk balita, dan 8–11 jam perhari untuk anak usia sekolah.

Artikel Lainnya: Benarkah Anak Pasti Bertambah Tinggi Setelah Disunat?

  • Olahraga

Olahraga ternyata berperan dalam merangsang hormon pertumbuhan yang ada di dalam tubuh anak sehingga dapat menambah tinggi badan. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan adalah basket, lompat tali, berenang, dan bersepeda.

  • Kondisi kesehatan

Penyakit bawaan seperti gangguan ginjal, jantung, paru, dan tulang yang terjadi sejak anak dilahirkan dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak termasuk dalam pertambahan tinggi badan.

Itulah beberapa fakta mengenai tinggi badan anak di Indonesia, beberapa faktor yang memengaruhinya, dan alasan mengapa penting untuk memantau tinggi badan anak Anda. 

Jika Anda merasa tinggi badan anak Anda tidak ideal, segera konsultasikan lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

Anda juga bisa memantaunya secara online lewat Health Tools Tumbuh Kembang Anak.

(PUT/AYU)

Tumbuh Kembang AnakKesehatan AnakNutrisibadan anak

Konsultasi Dokter Terkait