Sukses

5 Penyakit yang Sering Menular di Sekolah

Sekolah juga bisa menjadi tempat anak tertular berbagai jenis penyakit. Apa saja penyakit yang sering menular di sekolah?

Klikdokter.com, Jakarta Sekolah merupakan tempat belajar banyak anak. Jika salah satu anak sakit, maka teman-temannya pun dapat dengan mudah tertular penyakit tersebut. Berikut ini beberapa yang mudah menular di sekolah:

  1. InfluenzaPenyakit ini umumnya disebabkan oleh virus dan menular melalui udara. Gejalanya meliputi batuk, pilek, demam, dan nyeri tenggorokan. Jika ada anak yang terkena influenza, sarankan untuk menggunakan masker agar tidak menulari teman di sekitarnya.
  2. Cacar airCacar air juga disebabkan oleh virus. Gejala cacar air umumnya demam disertai lesi kulit berbentuk vesikel (benjolan yang berisi cairan). Cairan di dalam vesikel dapat menulari orang lain. Cacar juga dapat menular melalui kontak dengan kulit orang yang menderita cacar, dan melalui udara dari aluran pernapasan penderita.
  3. Kutu rambutKutu rambut adalah suatu parasit yang dapat bertelur dan hidup pada kulit kepala manusia. Bila terserang kutu rambut, umumnya anak akan mengeluhkan gatal pada kepala. Bila diperiksa, kutu dan telurnya dapat terlihat di rambut. Kontak langsung dengan penderita atau barang pribadinya (seperti topi atau sisir) dapat menyebabkan penularan kutu.
  4. KonjungtivitisKonjungtivitis adalah peradangan dari konjungtiva mata (bagian mata yang berwarna putih). Berbagai hal dapat menyebabkan konjungtivitis, misalkan saja virus dan bakteri. Gejalanya ditandai dengan kemerahan pada mata, dapat juga disertai keluarnya kotoran mata secara berlebihan.
  5. SkabiesSkabies adalah suatu jenis parasit, gejalanya berupa gatal-gatal pada seluruh tubuh dan umumnya ditemukan lesi pada area antar jari-jari tangan. Penularan skabies bisa melalui kontak langsung dalam jangka waktu lama. Umum ditemukan pada orang yang tinggal bersama, seperti pada sekolah berasrama.

Jadi, itulah beberapa penyakit yang sering menular di sekolah. Anda sebagai orang tua perlu melindungi anak dengan menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah tertular penyakit.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar