Sukses

Lakukan 5 Kebiasan Ini agar ASI Deras dan Berkualitas

Berikut lima hal yang bisa Anda lakukan agar produksi ASI deras dan berkualitas.

Klikdokter.com, Jakarta Ibu menyusui sering mengkhawatirkan kurangnya jumlah ASI yang diproduksi. Padahal, sebenarnya tak sedikit wanita yang dapat memproduksi ASI dengan jumlah cukup untuk diberikan pada buah hatinya.

Penilaian kecukupan jumlah ASI untuk kebutuhan bayi bisa dilakukan dengan memerhatikan kenaikan berat badan bayi. Tanda lain bayi mendapatkan jumlah ASI yang cukup adalah bayi tampak sehat, aktif, dan sering berkemih.

Lalu bagaimana jika produksi ASI tidak mencukup? Coba terapkan lima kebiasaan berikut ini:

  1. Menyusui teratur.

    Berikan ASI setiap kali bayi Anda lapar. Sebaiknya Anda memberikan ASI dari kedua payudara secara seimbang. Isapan bayi selama menyusui akan merangsang produksi ASI.

  2. Berikan ASI Eksklusif

    Sebagian ibu menambahkan susu formula untuk bayi karena menganggap produksi ASI-nya kurang. Selama bayi masih aktif dan berkemih, jumlah suplai ASI pada bayi sebanrnya sudah tercukupi.

    Bila Anda tetap memberikan susu formula, ada hal lain yang perlu Anda khawatirkan. Pemberian susu formula akan mengurangi rasa lapar bayi, sehingga jumlah ASI yang diinginkan pun akan semakin sedikit.

  3. Istirahat cukup

    Kekurangan tidur dapat mengganggu produksi ASI. Jadi pastikan waktu istirahat Anda tidak kurang.

  4. Hindari stres

    Kondisi stres pada ibu dapat menghambat produksi ASI. Stres juga akan mengganggu reflek let-down pada payudara untuk melepaskan susu pada saluran susu.

    Akibatnya bayi Anda tidak mendapatkan cukup ASI. Cobalah untuk relaks. Jauhi pikiran negatif, rasa cemas, dan marah. Minta bantuan pasangan, keluarga atau teman untuk membantu pekerjaan lain.

  5. Minum yang cukup

    Pada kondisi dehidrasi, ibu akan memproduksi ASI lebih sedikit. Pastikan asupan cairan harian Anda cukup dan konsumsi makanan yang kaya air seperti buah dan sayuran.

Masih khawatir jumlah produksi Anda kurang? Coba terapkan kiat di atas agar produksi ASI Anda deras dan berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi susu yang diformulasi khusus untuk ibu menyusui, seperti PRENAGEN lactamom.

Mengapa? Karena PRENAGEN lactamom mengandung Vit B2 dan B12 yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran energi, sehingga membantu pembentukan produksi ASI.

Ada tiga varian rasa yang bisa Anda pilih, yaitu vanilla, cokelat, dan moka. PRENAGEN lactamom tersedia dalam ukuran kemasan 200 dan 400 gram. Konsumsi PRENAGEN lactamom dua kali sehari. Kualitas ASI yang baik akan didapat jiga kesehatan ibu tetap terjaga.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar