Sukses

7 Kiat Atasi Mual Bagi Penderita Mag

Mual karena mag kerap menjadi gejala yang sangat mengganggu bagi penderitanya.

Mual merupakan gangguan saluran pencernaan yang sering dirasakan oleh penderita mag. Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut kiat praktis yang dapat diterapkan untuk mengatasi keluhan mual:

1. Konsumsi obat mual 

Pengobatan adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk menangani keluhan mual akut. Bila Anda sering mengalami mual, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan obat apa yang sesuai.

2. Asupan cairan yang cukup 

Mengonsumsi cairan dapat menjaga status rehidrasi Anda saat mengalami mual dan muntah. Pastikan mengonsumsi cairan setidaknya 30 menit sebelum atau sesudah makan, dan tidak bersamaan dengan makanan.

Artikel Lainnya : Jenis Buah untuk Mengobati Mag Kronis

3. Makanan dengan kandungan pati 

Makanan dengan kandungan pati seperti sereal kering, roti, atau nasi dalam jumlah kecil dapat membantu mengurangi keluhan mual pada sebagian orang.

4. Porsi kecil dan frekuensi lebih sering 

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat memperburuk gejala mual. Maka dari itu, konsumsi makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering agar Anda tidak merasa terlalu lapar atau terlalu kenyang sepanjang hari.

5. Tambah makanan bergizi 

Tingkatkan asupan makanan seperti yogurt, puding, dan buah-buahan dalam porsi kecil. Ini adalah pilihan camilan yang tepat untuk mengurangi rasa mual akibat produksi asam lambung yang tinggi.

6. Mengonsumsi jahe

Jahe terbukti memiliki komponen yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan tubuh dan meredakan keluhan mual. Anda tak harus mengonsumsinya langsung, tapi bisa dengan menggabungkannya pada hidangan sehari-hari.

7. Hindari makanan pedas 

Makanan yang pedas dapat meningkatkan produksi asam lambung yang akan memperburuk gejala mual yang dialami. Begitu juga dengan makanan asam dan yang digoreng.

Mual dapat diatasi dengan menerapkan beberapa kiat di atas. Namun, bila penderita mag mengalami mual yang tidak kunjung membaik, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.

(DA/ RH)

 

4 Komentar