Sukses

Perawatan Estetika untuk Hilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah telah menjadi momok bagi para wanita, baik tua maupun muda. Kenali berbagai perawatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam.

Flek hitam timbul karena adanya peningkatan jumlah pigmen melanin di kulit. Pigmen melanin adalah pigmen kulit yang bertanggung jawab dalam menentukan warna kulit seseorang.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan flek hitam di wajah, di antaranya kehamilan, paparan sinar matahari, kelainan metabolik, konsumsi obat-obatan tertentu, serta pasca sembuh dari penyakit kulit (misalnya jerawat, infeksi bakteri, jamur, alergi, luka bakar, trauma, dan lain-lain).

Bagaimana Menghilangkan Flek Hitam?

Ada beberapa metode perawatan yang dapat digunakan, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih. Namun, semua cara tersebut sebaiknya dilakukan atas petunjuk dan pengawasan dokter.

Bereksperimen sendiri tanpa petunjuk dokter dikhawatirkan malah dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan pada kulit.

  • Obat Oles

Obat oles atau krim ini akan diresepkan oleh dokter sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kulit Anda. Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek, yaitu hidrokuinon, tretinoat, kortikosteroid, asam glikolat, dan asam azaleat.

Penelitian membuktikan bahwa krim racikan yang terdiri dari beberapa jenis obat akan lebih manjur dibandingkan dengan hanya menggunakan satu jenis obat saja.

  • Pengelupasan Kimiawi

Atau disebut juga dengan peeling dapat dilakukan satu kali dalam dua hingga empat minggu. Cairan peeling yang dapat digunakan antara lain asam glikolat, asam salisilat, asam triklorasetat, dan lain-lain.

  • Laser

Untuk flek hitam yang lebih dalam dan membandel, dapat digunakan teknologi laser untuk menghilangkannya. Laser yang dapat digunakan yaitu laser karbon dioksida, Q-switched Nd:YAG, dan Q-switched ruby.

  • Harus Kombinasi

Flek hitam tidak dapat diharapkan untuk hilang dalam satu hingga dua bulan saja. Untuk flek hitam yang lebih superfisial (berada di lapisan permukaan kulit), umumnya baru bisa menghilang dalam tiga hingga enam bulan. Namun untuk pigmentasinya lebih dalam, dapat memakan waktu enam bulan hingga tahunan.

Metode pengobatan kombinasi – antara krim, pengelupasan kimiawi, dan laser – diharapkan dapat mempercepat hilangnya flek hitam pada wajah tersebut.

0 Komentar

Belum ada komentar