Sukses

Tip Bebas Pegal Saat Perjalanan Jauh

Jangan biarkan perjalanan Anda terganggu karena pegal- pegal. Simak lima cara mencegahnya di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami pegal saat perjalanan jauh. Baik karena menyetir selama berjam- jam atau duduk terlalu lama. Umumnya rasa pegal ini menyerang leher, punggung, lengan, dan kaki.

Pegal terjadi karena aliran darah yang tidak lancar pada otot- otot, dan dapat menyerang semua usia. Tak terkecuali anak- anak. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah keluhan pegal ini, yakni:

  • Pilih pakaian yang nyaman

    Sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat, terutama pada bagian celana. Karena hal ini dapat membuat aliran darah terhambat. Jika sudah demikian, maka dapat menimbulkan penumpukan zat yang merangsang rasa nyeri.

  • Konsumsi makanan yang tepat

    Sebelum menempuh perjalanan, konsumsilah makanan atau minuman yang membuat Anda rileks. Misalnya, minum teh atau mengunyah permen mint.
    Jika sudah cukup rileks, hormon endorfin pun akan dikeluarkan oleh tubuh. Nah, hormon ini nantinya akan menghambat pelepasan zat perangsang nyeri.

  • Sempatkan untuk pemanasan

    Pemanasan sangat penting jika Anda sedang menempuh perjalanan jauh. Karena saat duduk terlalu lama, saraf akan kekurangan pasokan oksigen yang disebabkan oleh aliran darah yang terhambat. Dengan pemanasan, sirkulasi darah pun akan kembali lancar.

Jika Anda pergi dengan pesawat, beberapa jam sekali Anda dapat berjalan di lorong pesawat. Jika memakai mobil, Anda bisa berhenti setiap dua jam sekali.

  • Lakukan pijatan

    Saat pegal menyerang di tengah perjalanan, Anda bisa mengurangi keluhan tersebut dengan memijat diri sendiri. Meski tampak sederhana, pijatan faktanya sangat berguna untuk membuat otot-otot yang berkontraksi menjadi lebih rileks. Alhasil, sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar

  • Siapkan obat antinyeri

    Obat-obatan pereda nyeri, baik obat oles maupun obat minum, juga bisa menjadi pilihan. Namun, penggunaannya harus diperhatikan dengan benar.

Jika pegal yang Anda alami terasa berat, istirahatkan sejenak otot- otot atau lakukan kompres dengan air hangat. Semoga cara-cara ini dapat membantu dan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan dan bebas pegal.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar