Sukses

Cara Praktis Atasi Pegal Saat Hamil

Keluhan pegal-pegal tidak bisa lepas dari kehidupan ibu hamil. Tidak perlu khawatir. Begini cara mengatasinya.

Keluhan pegal-pegal biasanya semakin sering muncul saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Ini tentu saja sangat mengganggu dan menghambat aktivitas Anda sebagai ibu hamil.

Rasa pegal paling sering dikeluhkan pada bagian pinggang dan punggung. Salah satu perubahan selama kehamilan yang dituding menjadi penyebabnya adalah kenaikan berat badan.

Perubahan pusat gravitasi tubuh selama kehamilan sejalan dengan pertumbuhan janin dan uterus yang semakin membesar adalah penyebab lainnya. Begitu juga dengan hormon kehamilan.

Jika Anda mengalaminya, lakukan ini untuk mencegah dan mengatasinya:

  1. Olahraga teratur. Aktivitas ini dapat membantu memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot di punggung, pinggang, dan perut. Olahraga yang aman untuk ibu hamil adalah berjalan, berenang, atau bersepeda statis.
  2. Hindari sepatu berhak tinggi atau sepatu yang tidak nyaman.
  3. Hindari tidur dalam posisi telentang. Sebaiknya tidur miring ke kiri dan gunakan bantal di antara kedua lutut.
  4. Gunakan support belt pada perut bagian bawah.
  5. Istirahat cukup. Posisi tungkai bawah yang ditinggikan saat tidur juga dapat membantu mengatasi keluhan pegal-pegal saat hamil.
  6. Kompres hangat atau dingin pada bagian tubuh yang terasa pegal-pegal.

Bila keluhan pegal-pegal saat hamil disertai dengan nyeri hebat, kram perut yang teratur, atau nyeri saat buang air kecil disertai demam, segera kunjungi dokter.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar