Sukses

Inilah 9 Gejala Hamil yang Aneh

Selain ngidam, tahukah Anda bahwa masih ada gejala hamil aneh lainnya?

Mual dan pusing merupakan gejala hamil yang umumnya dialami oleh ibu hamil. Ngidam adalah gejala hamil lainnya yang sering dianggap aneh. Tapi sebenarnya, ada lagi gejala hamil yang tergolong aneh. Berikut adalah 9 gejala aneh yang terjadi selama di saat hamil:

  1. Hidung tersumbat tetapi tidak pilek

Sebagian ibu hamil akan mengalami gejala hidung tersumbat di saat sedang tidak sakit pilek. Ini disebabkan akibat peningkatan hormon dan pasokan darah ke daerah hidung. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes hidung yang mengandung cairan saline (NaCl) serta memperbanyak konsumsi air putih.

  1. Mimisan dan gusi berdarah

Hormon yang meningkat selama kehamilan menyebabkan adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh. Ini menyebabkan jaringan di daerah hidung dan gusi menjadi lebih sangat sensitif, sehingga perdarahan melalui hidung atau gusi berdarah saat menyikat gigi, dapat terjadi secara tiba-tiba.  

  1. Gangguan pencernaan

Ini disebabkan akibat adanya peningkatan hormon progesteron yang memperlambat pergerakan makanan dari lambung menuju saluran pencernaan. Vitamin kehamilan yang dikonsumsi juga menyebabkan tubuh lebih banyak menyerap air, sehingga menyebabkan feses menjadi lebih keras dan susah untuk melewati saluran pencernaan. Jika Anda mengalami kondisi ini, perbanyaklah asupan air putih, sayur, dan buah.

  1. Puting menjadi hitam

Selama kehamilan, puting maupun bagian areola akan bewarna hitam dan membesar. Ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke daerah payudara. Tidak usah khawatir. Kondisi ini justru membantu bayi untuk mengenali bagian tersebut saat menyusui.

  1. Nyeri di pergelangan tangan

Ini disebabkan akibat adanya pembengkakan jaringan di sekitar lengan yang dapat menekan saraf di daerah tersebut. Keluhan ini sering terjadi pada trimester ketiga dan menghilang setelah persalinan.

  1. Varises di bagian kaki

Ini adalah salah satu keluhan yang sering dikhawatirkan para calon ibu. Varises terjadi akibat tekanan pada vena cava inferior yang menyebabkan penekanan pada pembuluh darah kaki. Varises juga terjadi akibat adanya peningkatan hormon progesteron. Jika keluhan ini sangat menganggu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

  1. Keringat berlebih

Peningkatan metabolisme terjadi saat hamil. Berkeringat merupakan mekanisme tubuh terhadap peningkatan metabolisme tersebut.

  1. Sering meludah

Produksi air liur saat hamil memang meningkat terkait dengan peningkatan hormon. Anda dapat mengatasinya dengan banyak konsumsi air putih dan mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat.

  1. Mengorok saat tidur

Saat hamil, aliran darah ke selaput membran di hidung menjadi lebih banyak dan menyebabkan pembengkakan di daerah tersebut. Karena itu, ibu hamil berkemungkinan besar akan mengorok saat tidur. Keluhan ini dapat diatasi dengan tidur dalam posisi miring.

Tidak semua gejala hamil yang aneh di atas dialami oleh ibu hamil, karena masing-masing mengalami gejala yang berbeda-beda. Namun yang terpenting, Anda rutin melakukan perawatan antenatal care ke dokter agar kehamilan tetap sehat dan terpantau.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar