Sukses

5 Hal Tak Terduga yang Bisa Usir Sakit Kepala

Obat-obatan tidak bisa hilangkan sakit kepala secara permanen. Jika ingin terbebas dari sakit kepala, terapkanlah gaya hidup sehat setiap hari.

Saat sakit kepala menyerang, kebanyakan orang langsung mengonsumsi obat-obatan penghilang nyeri. Sayangnya, ini tidak terlalu efektif. Keluhan bisa datang kembali setelah pengaruh obat menghilang.

Agar terbebas sepenuhnya dari sakit kepala, tidak bisa hanya dengan obat. Anda juga perlu mencari penyebabnya serta menerapkan gaya hidup sehat.

  1. Hindari Rokok

Berhentilah merokok jika Anda seorang perokok aktif. Zat-zat beracun dalam rokok dapat merugikan jantung dan pembuluh darah, misalnya nikotin dan tar.

Keduanya dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan kekentalan darah. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Rajin Berolahraga

Berolahraga secara rutin dapat menurunkan frekuensi serangan sakit kepala. Saat berolahraga tubuh juga akan melepaskan endorfin, hormon yang meningkatkan perasaan senang sehingga dapat menurunkan kadar stres penyebab sakit kepala.

  1. Diet Sehat dan Seimbang

Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan air putih untuk menghindari risiko penyakit metabolik (hipertensi, diabetes dsb), yang juga bisa menyebabkan sakit kepala. Selain itu, minum kopi dalam jumlah cukup (1-2 gelas per hari) ternyata dapat membantu mengurangi sakit kepala.

  1. Istirahat yang Cukup

Pola tidur yang salah –tidur terlalu lama dan kurang tidur– erat hubungannya dengan migrain dan sakit kepala tegang. Cukupi kebutuhan tidur selama 6-8 jam per hari. Dengan demikian, organ-organ tubuh dapat beregenerasi dan frekuensi sakit kepala pun bisa berkurang.

  1. Kelola Stres

Stres dapat membuat sakit kepala menjadi tidak terkontrol, bahkan memburuk walaupun rutin mengonsumsi obat. Untuk itu, mengelola stres dengan baik sangatlah penting. Misalnya dengan berlibur, menyalurkan hobi, curhat, dan sebagainya.

Demikianlah beberapa gaya hidup sehat agar Anda terbebas dari sakit kepala. Semoga mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

[RS/RH]

?Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar