Sukses

Makanan Tepat Agar Mag Teratasi

Seorang penderita mag pasti sering mendengar nasehat agar tidak terlambat makan dan menghindari makanan pedas. Namun sebenarnya, bagaimana pola makan yang bisa bantu atasi mag?

Seorang penderita mag pasti sudah sering mendengar anjuran untuk jangan telat makan, jangan makan yang pedas, ataupun yang lainnya. Adakah pola makan yang bisa diterapkan oleh para penderita mag?

Mag merupakan iritasi pada dinding lambung yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya diet atau pola makan yang kurang tepat. Jika Anda adalah seorang penderita mag, berikut kiat mengatur pola makan agar mag bukan lagi menjadi masalah yang menyulitkan.

  1. Makan sedikit, namun sering

Jika Anda biasanya makan siang dalam satu porsi besar dan makan malam juga dalam satu porsi besar, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini. Biasakan makan dalam porsi yang lebih sedikit, namun dengan frekuensi yang lebih sering. Anda bisa menerapkan pola makan menjadi 5-6 kali dalam sehari, dengan porsi yang lebih kecil.

  1. Minum di antara makan, bukan bersama makanan.

Air (bukan kopi, teh, atau minuman ringan lainnya) dapat membantu mengontrol gejala mag. Meminum air sebelum makan juga dapat membantu mengenyangkan, sehingga mengurangi porsi makan. Hindari minum bersama makanan karena dapat memicu terjadinya kembung yang akan menyebabkan refluks.

  1. Hindari makan sebelum tidur, kecuali makanan ini

Berbaring segera setelah makan akan meningkatkan terjadinya refluks, karena produksi asam lambung yang meningkat untuk mencerna makanan. Jika merasa lapar sebelum tidur, Anda dapat mengonsumsi camilan seperti kentang panggang atau roti yang dapat mengenyangkan sekaligus membantu menyerap sisa asam lambung sebelum tidur.

  1. Kurangi makanan berlemak

Makanan berlemak, seperti gorengan dan makanan bersantan, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Kondisi ini memicu asam lambung yang lebih banyak.

  1. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu mag

Hindari konsumsi alkohol dan susu, kopi, dan juga makanan yang pedas maupun berminyak. Pelajari juga makanan dan minuman apa saja yang memicu mag Anda. Jika sudah tahu, hindari! Tiap individu biasanya memiliki makanan pemicu mag yang berbeda-beda.

Selain mengatasi mag, dengan kiat mengatur pola makan tadi Anda juga bisa mendapatkan tubuh ideal sekaligus menjaga kesehatan. Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar