Sukses

Serba-serbi Ceramide untuk Kulit

Sudah pernah mendengar soal ceramide dan manfaatnya bagi kulit? Jika belum, yuk baca artikel lengkapnya di sini.

Banyaknya produk kulit dan wajah yang ada di pasaran sering kali membuat konsumen bingung. Produk apa yang bagus untuk kulit saya? Apakah kandungan di dalam produk ini baik untuk kulit saya? Ya, kandungan setiap produk yang berbeda-beda membuat Anda sebagai konsumen perlu lebih teliti sebelum membeli. Salah satu kandungan yang sering terdapat di dalam produk perawatan kulit adalah ceramide.

Apa Itu Ceramide?

Ceramide adalah sejenis lemak (lipid) yang terdapat di dalam membran sel. Lapisan luar kulit (epidermis) juga kaya akan ceramide. Bersamaan dengan lipid lainnya seperti kolesterol dan asam lemak, ceramide mencegah hilangnya air dari kulit. Selain itu, ceramide, asam lemak, dan kolesterol juga berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi serta menjaga kelembapan kulit.

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar ceramide akan mengalami penurunan sehingga kulit menjadi kering. Selain itu, produk perawatan kulit yang kasar juga dapat merusak ceramide dan lipid. Obat-obatan tertentu seperti obat penurun kolesterol juga dapat mengganggu fungsi ceramide dan lipid di epidermis.

Tak hanya itu, pola makan pun sangat berpengaruh. Jika Anda kurang mengonsumsi asam lemak esensial, maka kulit Anda akan menjadi kering karena kehilangan ceramide dan lipid.

Untuk siapakah produk yang mengandung ceramide sebaiknya digunakan?

Penderita eksim dan psoriasis memiliki kulit yang cenderung kering. Apalagi, penderita eksim memiliki kandungan ceramide yang lebih sedikit pada lapisan epidermisnya jika dibandingkan dengan kulit normal. Sama halnya dengan penderita psosiaris yang memiliki kandungan ceramide lebih sedikit. Oleh karena itu, menggunakan produk yang mengandung ceramide dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Untuk hasil yang terbaik, gunakan sabun yang lembut sehingga tidak membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Setelah membersihkan dengan sabun, jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang mengandung ceramide dan lipid esensial lainnya. 

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar