Sukses

Perawatan Spa Wajah di Rumah

Ingin melakukan perawatan spa wajah, namun waktu atau dana terbatas? Simak solusinya di sini.

Semua wanita tentunya ingin memiliki wajah yang cantik terawat. Namun ada saja kendala yang dihadapi dalam meraihnya.

Mungkin dana yang dimiliki kurang memadai untuk melakukan perawatan kecantikan di klinik atau salon secara rutin. Atau Anda adalah wanita bekerja yang sulit meluangkan waktu untuk berlama-lama di salon – belum lagi waktu yang terbuang untuk mengantre.

Jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati ritual perawatan spa wajah di rumah Anda, jauh dari kemacetan dan antrean. Anda bahkan dapat membuat masker sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda.

Berikut adalah tahapan-tahapan perawatan spa wajah di rumah:

Membersihkan

Basuhlah riasan dan kotoran yang menempel pada wajah dengan menggunakan pembersih. Bersihkan mulai dari area wajah, leher, hingga dada atas. Anda dapat menggunakan susu pembersih, krim, gel, losion, dan lain-lain yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Sambil membersihkan, Anda dapat melakukan pemijatan pada daerah wajah dan leher Anda. Pijatlah dengan gerakan melingkar.

Usap wajah dengan menggunakan spons atau kapas wajah dan air hangat. Keringkan dengan menepuk lembut menggunakan handuk.

Penguapan

Uapkan dulu wajah Anda dengan uap hangat agar pori-pori terbuka dan siap menerima perawatan selanjutnya. Jika tidak memiliki mesin penguap seperti di salon atauklinik, Anda dapat menempelkan handuk hangat pada wajah selama beberapa menit.

Eksfoliasi

Setelah pori-pori terbuka, barulah Anda menjalani proses pengelupasan. Dengan pori-pori yang terbuka, diharapkan pembersihan komedo dan kotoran yang mengendap di pori dapat menjadi lebih optimal. Anda dapat menggunakan krim, gel, atau foam yang mengandung butiran halus ataupun zat eksfoliatif (pengelupas).

Pengelupasan dapat menghilangkan kotoran, komedo, dan juga sel-sel kulit mati, sehingga produk kecantikan wajah yang Anda gunakan dapat diserap dengan baik.

Masker

Penggunaan masker ini bergantung dari jenis dan kebutuhan kulit Anda. Apakah kulit Anda berminyak dan banyak komedo? Ataukah kulit Anda kering dan mulai terdapat tanda-tanda penuaan dini? Jangan sampai salah memilih masker wajah!

Anda dapat memilih masker topeng yang praktis, atau masker yang berbentuk pasta dan dioleskan ke wajah. Jika Anda menyukai segala sesuatu yang lebih alami, Anda dapat membuat masker sendiri yang bahan-bahannya bisa diambil dari dapur.

  • Masker Cokelat

Masker ini diperuntukkan bagi kulit normal dan kering, karena dapat memberikan manfaat berupa kulit wajah yang halus dan selembut sutra. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampur 5 sendok makan bubuk cokelat, 3 sendok makan krim kental atau susu, 4 sendok makan madu, 3 sendok teh oatmeal, dan 2 sendok teh keju parut. Oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Masker Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membuat kulit terkelupas secara alami hingga menjadi lebih cerah bercahaya. Lumatkan 1/3 buah pepaya menjadi puree, lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Toner

Setelah membilas bersih wajah, segarkan wajah dengan toner. Cairan ini juga sekaligus dapat membersihkan wajah dari sisa masker. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis wajah Anda.

Serum

Gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah itu antipenuaan, untuk menghilangkan flek hitam, mencerahkan, dan lain-lain.

Melembapkan

Sebagai sentuhan akhir dari perawatan spa wajah, lembapkan kulit wajah dan leher dengan krim (jika kulit Anda normal atau kering) atau gel (jika kulit Anda berminyak). Jangan lupa juga untuk menggunakan krim mata untuk mencegah kerutan dini.

0 Komentar

Belum ada komentar