Sukses

Hamil di Usia Dini Bisa Memicu Osteoporosis

Mengapa osteoporosis berhubungan erat dengan kehamilan pada usia dini? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Osteoporosis yang terjadi saat masa hamil sangat jarang terjadi. Bagian yang mengalami patah tulang biasanya terdapat di daerah tulang belakang atau pinggul yang terjadi saat proses melahirkan. Namun, proses ini akan menghilang dan sembuh setelah proses melahirkan terjadi. Sampai saat ini juga masih belum dapat dijelaskan dengan pasti mengapa terjadi kerapuhan tulang saat hamil, namun beberapa ahli menjelaskan sebagai berikut:

  • Faktor genetik.
  • Kehamilan dapat memicu suatu reaksi yang tidak biasa pada tulang yang tidak diketahui sebabnya.
  • Sebelum kehamilan, perempuan sudah mengalami gangguan kurangnya massa tulang, sehingga pada saat hamil bertambah parah dan memicu terjadi patah tulang.
  • Hubungan osteoporosis dan kehamilan dapat dipicu adanya kebutuhan kalsium yang lebih dari biasanya pada perempuan hamil. Osteoporosis biasa terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Pada masa itu, kalsium dalam tubuh diserap dalam jumlah yang banyak untuk pembentukan kerangka tubuh bayi.
  • Kalsium banyak dikeluarkan tubuh melalui pembuangan urine yang frekuensinya sering terjadi pada perempuan hamil.

Osteoporosis akan meningkat risikonya jika kehamilan terjadi pada usia dini. Ini disebabkan karena remaja umumnya membutuhkan asupan kalsium yang tinggi. Oleh karena itu, jika pada usia remaja sudah hamil namun kebutuhan kalsiumnya tidak terpenuhi dengan baik, maka risiko osteoporosis akan terjadi pada masa kehamilan atau suatu hari nanti.

Untuk ibu hamil disarankan mengonsumsi 1.000 mg kalsium per hari, namun pada ibu hamil usia remaja membutuhkan 1.500 mg kalsium per hari.

0 Komentar

Belum ada komentar