Sukses

Persiapan Sebelum Pergi ke Luar Negeri bersama Si Kecil

Anda berencana mengajak Si Kecil bepergian ke luar negeri? Simak kiat-kiat ini agar perjalanan Anda lancar dan menyenangkan.

KlikDokter.com - Liburan bersama buah hati merupakan saat yang ditunggu-tunggu para orangtua, apalagi jika sehari-hari Anda sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas di luar rumah. Apabila Anda dan pasangan memiliki dana lebih untuk mengajak Si Kecil bertamasya ke luar negeri, mengapa tidak? Namun sebelum memutuskan tujuan wisata dan berkemas, simak terlebih dahulu kiat di bawah ini, terutama jika Si Kecil memiliki alergi.

  • Usia

Para ahli merekomendasikan tiga bulan sebagai usia minimal untuk membawa anak bepergian dengan pesawat terbang. Di atas usia tiga bulan, anak sudah lebih stabil dan tidak terlalu “ringkih”. Namun demikian, semakin besar usia seorang anak, akan lebih mudah pula bagi Anda dan sang buah hati.

  • Lama Penerbangan

Pilihlah tujuan wisata yang tidak terlalu jauh, sehingga tidak membutuhkan waktu tempuh yang terlalu lama. Jika berada dalam pesawat terlalu lama, dikhawatirkan Si Kecil akan bosan dan rewel, sehingga perjalanan menjadi kurang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

  • Sakit Batuk dan Pilek

Usahakan agar tidak bepergian dengan pesawat ketika anak sedang sakit batuk dan pilek, karena ia akan lebih rentan mengalami telinga tersumbat yang nyeri – terutama jika ia telah memiliki alergi pernapasan sebelumnya.

  • Lepas Landas dan Mendarat

Untuk mencegah telinga tersumbat yang membuat nyeri dan tidak nyaman, berikan susu, dot, atau makanan yang dapat membuat anak Anda mengisap atau mengunyah, ketika pesawat lepas landas dan mendarat.

  • Koper Kabin

Selalu siapkan barang-barang kebutuhan si Kecil yang penting di dalam koper kabin Anda, seperti pakaian ganti, popok, makanan, susu, minuman, dan lain-lain.

  • Makanan dan Minuman Pesawat

Jika Si Kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu, pesanlah makanan khusus untuknya ketika Anda memesan tiket. Hindari memberikan air yang tidak dikemas dalam botol, karena bisa saja minuman tersebut telah tercampur debu dan bakteri. Sebagai alternatif, mintalah air kemasan dalam botol kepada pramugari atau bawalah air minum sendiri yang telah dimasak hingga mendidih.

  • Obat-obatan

Selalu sediakan obat-obatan yang diperlukan Si Kecil di dalam tas yang selalu Anda bawa ke mana-mana.

  • Catatan Kesehatan

Bawalah buku catatan kesehatan Si Kecil agar dapat terlihat jelas rekaman kesehatan si Kecil – alergi apa saja yang ia miliki, obat apa saja yang pernah diberikan, vaksinasi apa yang pernah ia dapatkan, dan sebagainya.

  • Penginapan

Teliti dahulu sebelum memesan penginapan. Apakah kebersihan di penginapan tersebut baik? Apakah diperbolehkan merokok atau membawa binatang peliharaan ke dalam penginapan tersebut? Informasi itu sangat penting jika Si Kecil alergi debu, tungau, asap rokok, atau bulu binatang.

0 Komentar

Belum ada komentar