Sukses

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

Sering kita tidak sadar, ada beberapa gejala masalah kulit yang sering disepelekan terjadi. Apa saja? Berikut penjelasan dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK di sini.

KlikDokter.com – Kadang kita tidak menyadari bahwa kulit kita ternyata mengalami masalah. Karena ketidaktahuan kita ini, kita tidak memahami bahwa kulit menjadi tidak sehat akibat kesalahan cara perawatan kulit. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang diyakini baik untuk kulit ternyata sebenarnya membahayakan kesehatan kulit, misalnya kebiasaan membersihkan wajah menggunakan alkohol, menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat, dan lain sebagainya.

  1. Kemerahan pada kulit

Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat.

  1. Rasa gatal pada kulit

Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi ‘menyelekit’ yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal atau ‘menyelekit’ ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di ruangan ber-AC), atau menggunakan produk kosmetik tertentu.

Rasa gatal juga dapat terjadi akibat kulit mengalami reaksi alergi maupun reaksi iritasi akibat pajanan bahan tertentu termasuk bahan kosmetik. Apabila kondisi ini diabaikan dan pemakaian produk tersebut diteruskan, lama-kelamaan reaksi gatal akan semakin bertambah disertai tanda-tanda radang yang lain berupa kemerahan, rasa panas, bengkak, rasa perih akibat reaksi akumulatif.

  1. Rasa menyengat pada kulit

Rasa menyengat pada kulit menunjukan reaksi iritasi pada kulit akibat paparan suatu zat. Reaksi ini cukup kuat sehingga langsung dirasakan menyengat. Segera bersihkan paparan zat yang dicurigai untuk mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

  1. Kulit menjadi merah dan panas ketika terkena matahari.

Pajanan matahari dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan panas. Namun selain itu, kulit dapat menjadi lebih sensitif terhadap matahari akibat penggunaan kosmetik tertentu yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari.

Berikut gangguan kesehatan kulit lainnya yang sering kita sepelekan, selengkapnya pada halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

  1. Munculnya komedo setelah penggunaan kosmetik

Komedo dirasakan sebagai masalah umum yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Namun munculnya komedo setelah penggunaan kosmetik perlu diwaspadai. Hentikan penggunaan kosmetik tersebut , dan diperlukan pengobatan yang sesuai.

  1. Muncul jerawat merah dan berisi nanah setelah penggunaan kosmetik

Biasanya jerawat yang muncul dalam waktu cepat setelah penggunaan kosmetik berupa kemerahan dan berisi nanah. Segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut.

  1. Rasa tidak nyaman atau rasa terbakar setelah penggunaan kosmetik

Keadaan ini dapat terjadi akibat bahan kosmetik yang menyebabkan alergi atau iritasi pada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif. Namun hal ini dapat terjadi pula akibat penggunaan bahan kosmetik yang secara umum aman (tidak menimbulkan reaksi alergi maupun reaksi iritasi) pada keadaan kulit yang tidak sehat.

  1. Flek atau kehitaman pada kulit akibat pemakaian kosmetik

Flek kehitaman atau kecoklatan paling sering muncul akibat pajanan matahari. Namun masalah kulit berupa flek kehitaman atau kecoklatan dapat muncul akibat penggunaan bahan kosmetik tertentu secara tidak tepat. Oleh sebab itu penting untuk menggunakan bahan kosmetik yang terbukti aman dan diproduksi oleh lembaga yang bertanggungjawab.

Jika hal ini terjadi pada kulit Anda, maka segeralah lakukan konsultasi dengan dokter agar masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.

0 Komentar

Belum ada komentar