Sukses

11 Pemicu Sakit Kepala yang Tidak Terduga

Sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh penyakit tertentu. Kenali pemicu lainnya di sini.

KlikDokter.com - Sakit kepala dapat muncul tiba-tiba dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Mungkin Anda menjadi bertanya-tanya apa penyebabnya. Apakah sakit kepala selalu disebabkan oleh penyakit tertentu? Jawabannya tidak. Ada beberapa hal yang mungkin tidak Anda sadari yang ternyata dapat memicu sakit kepala, di antaranya:

  1. Makanan

Keju, makanan yang mengandung MSG, alkohol, kafein, es krim atau makanan dingin, produk susu, dan produk daging dapat memicu sakit kepala.

  1. Melewatkan makan

Saat Anda melewatkan makan, biasanya akan muncul sakit kepala sebelum menyadari bahwa Anda lapar. Hal ini berhubungan dengan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Cuaca

Perubahan suhu dapat memicu migrain, baik itu cuaca dingin maupun cuaca hangat. Suhu panas paling sering menyebabkan sakit kepala. Gunakan kacamata dan cukupi kebutuhan cairan jika Anda harus keluar rumah saat cuaca panas.

  1. Minyak wangi

Wangi parfum dapat menimbulkan rasa nyaman dan percaya diri, namun pada beberapa orang wangi tertentu dapat memicu sakit kepala. Diduga bau yang tajam akan merangsang sistem saraf dan menyebabkan migrain.

  1. Aksesoris rambut.

Biasanya terjadi pada wanita yang mengikat rambutnya terlalu kencang. Ikatan rambut ekor kuda dapat meregang jaringan kulit kepala. Jika ini penyebabnya, lepaskan ikatan rambut dan biasanya nyeri akan menghilang.

Berikut faktor pemicu sakit kepala lainnya yang mungkin Anda belum tahu. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

11 Pemicu Sakit Kepala yang Tidak Terduga

Neuralgin Rhema

  1. Olahraga.

Nyeri kepala yang muncul setelah olahraga disebut exercise related migraine. Biasanya terjadi jika melakukan olahraga dengan intensitas sedang-berat. Lakukanlah olahraga dengan peningkatan intensitas secara bertahap.

  1. Postur tubuh yang salah

Duduk terlalu lama, posisi duduk tidak tegak, duduk di kursi yang tidak memiliki sandaran, menerima telepon dengan menaruh ponsel di antara leher dan bahu dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini dikarenakan otot-otot punggung, leher, dan bahu yang akan menyebabkan tension-type headache.

  1. Rokok

Merokok diketahui sebagai pemicu sakit kepala, tidak hanya pada perokok aktif tapi juga perokok pasif. Nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak dan menyebabkan berkurangnya asupan oksigen ke otak.

  1. Cahaya terang atau silau

Cahaya silau dapat memicu zat kimia tertentu di otak yang akan mengaktivasi pusat migrain.

  1. Suara keras

Tidak hanya suara keras, suara yang berulang-ulang juga bisa memicu sakit kepala.

  1. Kebiasaan mengerat gigi

Kebiasaan mengerat gigi (bruxism) akan membuat otot-otot rahang berkontraksi dan menyebabkan nyeri kepala tumpul.

0 Komentar

Belum ada komentar