Sukses

Solusi untuk Kulit Kaki Kering dan Mengelupas

Tidak hanya kulit wajah, kulit kaki yang kering juga dapat mengganggu apalagi jika bersisik dan mengelupas. Bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasinya?

KlikDokter.com - Kulit telapak kaki merupakan daerah yang paling kering di antara bagian kulit lainnya, karena tidak memiliki kelenjar minyak dan hanya mengandalkan kelenjar keringat untuk menjaganya tetap lembap. Akibatnya, sering timbul masalah kulit yang kering, menebal, hingga mengelupas.

Selain akibat kulit kering, kulit yang mengelupas ini juga dapat diakibatkan karena reaksi alergi, iritasi akibat bahan kimia, kelainan kulit (psoriasis, eksim), penyakit sistemik (diabetes), hingga penggunaan alas kaki yang tidak tepat yang menyebabkan tekanan dan gesekan pada kulit. Gejala yang juga sering dikeluhkan adalah kulit yang terasa kasar dan tampak pecah-pecah.

Mencegah agar kulit tidak menjadi kering selalu lebih baik dari mengobati. Namun bila kulit terlanjur kering hingga mengelupas, lakukan langkah-langkah berikut ini, selengkapnya pada halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Solusi untuk Kulit Kaki Kering dan Mengelupas

Mencegah agar kulit tidak menjadi kering selalu lebih baik dari mengobati. Namun bila kulit terlanjur kering hingga mengelupas, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Cukupi hidrasi tubuh.
  • Ketika mandi, gunakan sabun yang mengandung pelembap (moisturizer) terutama pada kaki.
  • Periksa area kaki secara rutin. Bila terdapat kulit yang mengelupas, lembapkan 2-3 kali sehari. Bila terdapat kulit yang menebal, gosok area tersebut dengan batu apung secara lembut untuk membantu pengelupasan sel kulit yang mati dan keras, kemudian oleskan pelembap.
  • Oleskan krim pelembap pada daerah yang kering secara rutin, setelah mengeringkan kaki.
  • Beberapa jenis pelembap kaki juga mengandung zat yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam sel kulit seperti urea dan saccharideisomerate.
  • Gunakan alas kaki yang lembut dan nyaman. Apabila pemicu kulit mengelupas adalah akibat iritasi kronik dengan bahan kimia seperti detergen, maka lindungi kulit dari kontak dengan zat tersebut.

Apabila langkah di atas sudah dilakukan di rumah namun tidak didapatkan perbaikan, keluhan semakin memberat, atau terdapat luka, kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda memperoleh penanganan yang optimal.

0 Komentar

Belum ada komentar