HomeInfo SehatPencernaan10 Makanan yang Harus Dihindari Agar maag Tak Kambuh Lagi
Pencernaan

10 Makanan yang Harus Dihindari Agar maag Tak Kambuh Lagi

Syafinah Nurfaidah, 11 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penderita asam lambung sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kurang menyehatkan. Inilah makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

10 Makanan yang Harus Dihindari Agar maag Tak Kambuh Lagi

Maag merupakan gangguan pada lambung yang dapat menyebabkan perut kembung, perut seperti terasa terbakar, mual, dan nyeri. Selain itu, banyak yang tidak menyadari bahwa akibat dari maag yang terus kambuh tersebut salah satunya disebabkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Untuk menghindari kambuhnya maag, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari. Berikut macam-macam makanan yang harus dihindari penderita asam lambung agar maag tak kambuh lagi.

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak menjadi salah satu jenis yang harus kamu hindari. Konsumsi makanan berlemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Sehingga produksi asam lambung meningkat dan dapat memicugejala maag kamu.

Kamu bisa menghindari makanan tinggi lemak seperti gorengan, makanan bersantan, atau jeroan.

Untuk mencegah kambuhnya masalah maag, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tentu lebih sehat untuk tubuh mu.

2. Makanan Pedas 

Jika kamu mengidap maag, sebaiknya hindari makanan yang bercita rasa pedas. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, dapat menganggu pencernaan kamu dan dapat memicu kambuh nya maag.

Untuk itu pastikan untuk menghindari makanan pemicu asam lambung agar maag tidak kambuh lagi.

3. Minuman Mengandung Kafein

Minuman berkafein menjadi salah satu yang harus dihindari oleh kamu yang memiliki penyakit maag. Karena, apabila banyak mengonsumsi minuman mengandung kafein secara berlebihan dapat menyebabkan maag kamu kambuh.

Kafein nantinya akan mengalami peningkatan hormon gastrin atau hormon yang dapat memicu asam lambung.

4. Minuman Alkohol

Kamu perlu tahu bahwa minuman beralkohol dapat memicu maag kambuh lagi. Jika kamu mengonsumsi alkohol, kerongkongan dan lambung (sfingter) menjadi longgar. Sehingga hal tersebut dapat memicu gejala maag seperti sensasi terbakar, nyeri, dan gangguan pada pencernaan kamu.

Sebaiknya kamu menghindari minuman beralkohol yang membantu kamu mencegah gejala atau kambuhnya maag sebelum semakin parah.

5. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda mengandung gelembung gas karbon dioksida yang dapat memicu peningkatan produksi gas pada lambung.

Jika penderita maag mengonsumsi minuman ini, kamu akan merasakan perut kembung, nyeri, dan perut terasa penuh.

Jika merasa maag kamu semakin parah, sebaiknya hindari ya jenis minuman berkarbonasi. Kamu juga dapat konsultasikan kondisimu pada dokter melalui Tanya Dokter agar penyakit maag kamu bisa segera ditangani.

Artikel Lainnya: Jangan Diabaikan, Ini 12 Ciri Penyakit maag yang Sudah Parah

6. Produk Olahan Susu

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung salah satunya adalah produk olahan susu.

Produk olahan susu memiliki lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala maag yang kamu rasakan.

Kamu bisa saja mengalami intoleransi laktosa yang bisa menyebabkan perut kamu kembung, kram, atau diare.

Jika kamu memiliki penyakit maag dan intoleransi laktosa, sebaiknya produk susu yang mengandung laktosa dihindari, ya!

7. Makanan dan Minuman Asam

Benarkah Jeruk Lemon Dapat Obati Mag Secara Alami?

Kamu lebih baik menghindari makanan dan minuman asam agar maag yang kamu alami tidak kambuh terus-menerus.

Makanan yang kamu hindari salah satunya berasal dari buah dan sayuran. Buah dan sayuran memang merupakan komponen yang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.

Namun, jika kamu memiliki maag atau asam lambung, sebaiknya menghindari buah dan sayur yang bercita rasa asam. Antara lain yaitu buah-buahan beri, jeruk, jeruk nipis, tomat, dan kubis.

Bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh makan apa saja, ya. Kamu jangan khawatir, kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran seperti apel, pir, pisang, wortel, dan bayam.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini 8 Bahaya Asam Lambung Naik yang Dibiarkan

8. Mengonsumsi Bawang-Bawangan

Kandungan Sulfur pada bawang dapat memicu asam lambung dan mengiritasi lambung. Oleh karena itu bagi penderita maag sebaiknya mempertimbangkan untuk mengonsumsi bawang-bawangan. Selain itu bawang juga memiliki cita rasa pedas yang dapat memicu asam lambung kambuh.

Untuk alternatif lain, kamu bisa mengganti bahan makanan rempah lainnya yang tidak mengandung sulfur, yang tentu aman untuk penderita maag. Antara lain seperti kayu manis, peterseli, rosemary, ketumbar dan lainnya.

9. Cokelat

Makanan selanjutnya yang harus kamu hindari yaitu Cokelat. Walaupun memiliki cita rasa yang enak dan manis, ternyata cokelat menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung lho. Karena selain tinggi lemak, cokelat juga mengandung kafein dan theobromine yang dapat memicu asam lambung.

Menurut National Library of Medicine, jika suatu makanan atau minuman tersebut dapat membuat maag kamu kambuh, sebaiknya kamu hindari, ya. Karena dengan kamu tidak mengonsumsi makanan pemicu maag, kemungkinan maag kamu dapat mudah diatasi.

10. Makanan Asin 

Makanan asin umumnya bukanlah penyebab satu-satunya masalah maag. Namun menurut beberapa ahli medis dan gizi, jika kamu mengonsumsi makanan asin yang berlebihan, nantinya akan berdampak negatif pada kesehatan pencernaan.

Apabila kamu mengonsumsi makanan asin secara berlebihan, tubuhmu akan kehilangan air dan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu masalah pencernaan kamu dan dapat mengganggu cairan di dalam lambung.

Nah, jika penyakit maag mu masih terus kambuh walaupun kamu sudah menghindari makananan dan minuman yang memicu kambuhnya maag, kamu bisa imbangi dengan mengonsumsi obat maag. Promag adalah salah satu obat maag yang bisa membantu atasi maag yang kamu alami.

Promag dipercaya dari generasi ke generasi cepat redakan sakit maag dan kembung selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Promag hadir dalam berbagai varian, seperti Promag Cair dan Promag Tablet yang mengandung hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone yang cepat atasi gejala asam lambung. Kedua varian Promag ini sangat praktis dibawa kemanapun dan siap atasi maag mu #TanpaDramaag.

Ada juga varian Promag Double Action yang bekerja ganda dengan kombinasi kandungan antasida dan H2 Blocker menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung sehingga bisa mengatasi gejala maag dengan cepat. Promag Double Action cocok digunakan untuk gejala maag berat yang tidak dapat diatasi dengan antasida saja.

Yuk, #JagaSehatmu selalu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu maag kamu kambuh. Bila kamu butuh konsultasi dengan dokter, kamu bisa gunakan fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter.

Pola MakanObat Alami Sakit MaagLambung PerihGERDSakit PerutPromag

Konsultasi Dokter Terkait