Sukses

Ini Dia Perbedaan Thalassemia dengan Leukemia

Banyak yang belum mengetahui secara persis perbedaan antara thalassemia dengan Leukimia, berikut penjelasan dr. Anita Amalia Sari di sini selengkapnya.

KlikDokter.com - Bagi masyarakat awam terkadang masih sulit membedakan antara thalassemia dan leukemia. Kedua penyakit tersebut memang penyakit yang terjadi pada komponen darah di dalam tubuh. Namun, keduanya merupakan dua penyakit berbeda yang memiliki penyebab yang berbeda pula. Mari kita lihat lebih jauh apa saja perbedaanya.

Apa sih yang dimaksud dengan thalassemia dan leukemia ?

Thalassemia merupakan sebuah gangguan darah bawaan yang disebabkan oleh gen yang abnormal. Orang yang mengalami thalassemia tidak dapat memproduksi hemoglobin normal di dalam darah. hemoglobin merupakan protein yang berikatan dengan oksigen di dalam sel darah merah. Pada keadaan normal, hemoglobin utama terdiri dari gugus heme dan mempunyai dua rantai alfa dan beta. Thalassemia disebabkan oleh gen di rantai alfa dan beta yang abnormal sehingga menyebabkan umur sel darah merah memendek. Penyakit ini merupakan penyakit bawaan (diturunkan).

Terdapat dua jenis thalassemia yaitu thalassemia minor dan thalassemia mayor. Pada thalassemia minor seseorang biasanya dapat terlihat sehat dan hodup normal, terkadang orang yang memiliki thalassemia minor tidak menyadari bahwa mereka membawa gen. Sedangkan thalassemia mayor merupakan bentuk berat. Orang yang menderita thalassemia mayor diturunkan gen thalassemia dari kedua orang tuanya. Jika suami istri adalah pembawa gen thalassemia, maka kemungkinan anaknya akan menderita thalassemia sebesar 25%, pembawa gen thalassemia 50% dan normal 25%.

Sedangkan leukemia merupakan kanker sumsum tulang belakang dan organ pembentuk darah lainnya. Pada leukemia terjadi multiplikasi sel-sel darah putih yang imatur (belum matang). Seperti kebanyakan kanker lainnya, mayoritas penyebab leukemia tidak diketahui. Namun terdapat beberapa kondisi yang dikaitkan sebagai penyebab leukemia termasuk paparan terhadap radiasi, bahan kimiawi, kelainan bawaan. Leukemia secara garis besar dibagi menjadi akut dan kronis dan nantinya dapat di bagi lagi masing-masing berdasarkan sel asal dan penampakannya.

Berdasarkan definisinya sudah terlihat perbedaan bahwa thalassemia adalah gangguan pada sel darah merah sedangkan leukemia merupakan kanker sel darah putih.

Antara leukimia dengan anemia bisa terlihat dari gejalanya, halaman berikut penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Ini Dia Perbedaan Thalassemia dengan Leukemia

Gejala Leukemia

Gejala yang ditimbulkan leukemia dapat beragam dan tidak spesifik. Namun hampir sebagian besar pasien akan menunjukkan salah satu gejala berikut:

  • Fatigue
  • Sesak napas dalam aktivitas
  • Mimisan atau gusi berdarah
  • Mudah lebam di kulit
  • Demam
  • Penurunan berat badan
  • Nafsu makan menurun, dan sebagainya.

Gejala Thalassemia

Pada thalassemia gejala bergantung dari derajat keparahan thalassemia. Gejala yang umum muncul antara lain:

  • Gejala anemia seperti:

o   Letargi

o   Sesak napas

o   Berdeba-debar

o   Tampak pucat

  • Pembesaran limpa
  • Fascies cooley’s ( perubahan pada wajah dimana terjadi penipisan tulang dan penonjolan pada dahi )

PENGOBATAN

Leukemia

Leukemia biasanya ditangani dengan kemoterapi. Terapi yang diberikan bergantung pada tipe leukemia dan usia pasien. Transplantasi sumsum tulang belakang menunjukkan perbaikan pada beberapa kelompok pasien.

Thalassemia

Penanganan thalassemia bergantung dengan penyebab dan jenis thalassemia. Transfusi darah secara rutin dapat dibutuhkan pada sebagian besar pasien.

0 Komentar

Belum ada komentar