Sukses

Kelelahan dan Diabetes

Salah satu ciri diabetes adalah mudah lelah. Jika Anda mengalaminya, sudah saatnya untuk mewaspadai. Berikut penjelasan dr. M. Anwar Irzan selengkapnya.

KlikDokter.com - Banyak orang dengan diabetes akan merasakan diri mereka lelah, lesu atau lemah di beberapa waktu. Hal ini bisa dikaitkan dengan stres, kerja keras atau kurang tidur, namun juga dapat dikaitkan dengan kadar glukosa darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kelelahan biasa, terutama kelelahan setelah makan, adalah gejala umum dari diabetes.

Apa yang Menyebabkan Orang dengan Diabetes Menjadi Mudah Lelah?

Dua alasan umum untuk kelelahan atau kelesuan yang dialami saat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah kadar gula darah.

Dalam kedua kasus, kelelahan adalah hasil dari ketidakseimbangan antara tingkat glukosa darah seseorang dan jumlah atau efektivitas insulin yang beredar. Jika Anda merasa lelah di siang hari, meski telah tidur dengan baik, bisa jadi akibat dari kadar gula yang tinggi atau rendah. Cara terbaik untuk membuktikannya adalah dengan menguji kadar glukosa darah Anda untuk melihat apakah kelelahan memang hasil dari kadar gula yang tinggi atau rendah.

Karena ketahuilah, ada hubungannya antara kadar gula darah yang tinggi dengan kelelahan. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Kelelahan dan Diabetes

Diabetasol

Kelelahan dan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar glukosa darah yang tinggi ketika insulin tidak cukup (biasanya dalam kasus diabetes tipe 1) atau insulin tidak bekerja dengan cukup efektif (biasanya pada diabetes tipe 2). Untuk dapat menghasilkan energi, insulin dibutuhkan untuk mengangkut glukosa dari darah ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Ketika tidak ada cukup insulin, atau insulin tidak bekerja secara efektif, itu berarti gula dalam darah kita tidak bisa masuk ke sel-sel kita dan karena sel-sel kita tidak menerima energi yang mereka butuhkan. Sebagai hasilnya, timbul perasaan lelah.

Mengelola kelelahan dan gula darah tinggi setelah makan

Jika kelelahan disertai dengan kadar glukosa darah yang tinggi setelah makan, dapat menunjukkan satu atau lebih dari hal berikut:

  • Karbohidrat yang Anda makan diserap terlalu cepat.
  • Anda makan terlalu banyak karbohidrat dibandingkan dengan obat anti-diabetes yang Anda konsumsi
  • Obat Anda / dosis tidak cukup kuat

Selalu waspada akan perasaan kelelahan, dimana disertai pula tanda-tanda seperti keringat dingin, kelemaha anggota badan, dan perasaan mengantuk yang sangat, sebagai tanda dari terlalu rendahnya kadar gula dalam darah.

0 Komentar

Belum ada komentar