Sukses

6 Manfaat Puasa untuk Tubuh Anda

Berpuasa tidak semata untuk beribadah, tetapi juga dapat dilakukan bagi Anda yang ingin meningkatkan kesehatan.

KlikDokter.com – Berpuasa diketahui banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama karena berpuasa dapat mengurangi radikal bebas.

Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan mengurangi aktivitas kerja enzim, menyebabkan terjadinya mutasi, dan kerusakan dinding sel. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke, dicetuskan dan diperparah oleh senyawa radikal bebas.

Berikut adalah 6 manfaat berpuasa lainnya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Selain itu, ketika berpuasa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Banyak atlet sekarang ini menggunakan puasa sebagai sarana untuk menurunkan persentase lemak tubuh sebelum kompetisi.

Berikut manfaat berpuasa lainnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

6 Manfaat Puasa untuk Tubuh Anda

Diabetasol

2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan Anda untuk menolerir karbohidrat (gula) yang lebih baik daripada jika Anda tidak berpuasa. Penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk menurunkan kadar glukosa dari darah.

3. Meningkatkan Kecepatan Metabolisme

Puasa memberikan waktu sistem pencernaan Anda untuk beristirahat, dan hal ini mampu membuat tubuh Anda menggunakan energi untuk metabolisme yang digunakan saat membakar kalori. Puasa dapat mengatur pencernaan dan memberikan fungsi usus yang lebih sehat.

4. Membuat Panjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan semakin lama Anda akan hidup. Penelitian menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka. Salah satu efek utama dari penuaan adalah metabolisme lebih lambat; jika metabolisme Anda lebih cepat, tentu akan membuat tubuh menjadi lebih muda.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa mampu meningkatkan produksi protein neurotropik yang dihasilkan oleh otak. Substansi ini mengaktifkan sel-sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak Anda dari kelainan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan pembentukan sel kanker.

0 Komentar

Belum ada komentar