HomeInfo SehatKulitCegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!
Kulit

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 04 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa sebenarnya komedo itu? Bagaimana cara tepat untuk menanganinya agar tidak timbul kembali?

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

KlikDokter.com - Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).

Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.

Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstraksi komedo pada saat terjadinya ovulasi (pengeluaran sel telur) dalam siklus menstruasi seorang wanita. Waktu ini disarankan karena pada saat tersebut belum terjadi pengecilan ukuran pori-pori, dan juga belum terjadi pengurangan fungsi perlindungan kulit terhadap bakteri. Pembersihan komedo pada waktu ini dapat mencegah pembentukan jerawat pada sesaat sebelum menstruasi, yaitu ketika produksi minyak meningkat karena pengaruh hormon dan munculnya bakteri karena fungsi perlindungan kulit menurun.

Untuk mencegah pembentukan komedo kembali, tentu juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu dijelaskan di halaman berikut:

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Untuk mencegah pembentukan komedo kembali, tentu juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Membersihkan wajah secara teratur, dua kali sehari dengan sabun berpelembap. Pembersihan wajah secara khusus juga harus dilakukan saat membersihkan wajah setelah pemakaian kosmetik.
  2. Menggunakan rias wajah yang non-komedogenik.
  3. Melakukan masker wajah secara rutin.
Perawatan Kulitkulit putihsehatcantik

Konsultasi Dokter Terkait