Sukses

6 Cara Memiliki ASI Melimpah

Jika Anda merasa produksi ASI Anda sedikit, jangan putus asa dulu. Lakukan 6 cara ini dari dr. Citra Roseno untuk dapat membantu mengatasinya.

Klikdokter.com – Seperti diketahui, ASI sangat penting untuk bayi. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard Medical School di Amerika mengaitkan pemberian ASI dengan kekuatan mental seorang anak. Studi tersebut mengungkapkan bahwa ibu yang memberikan ASI kepada anaknya dalam waktu yang lama dapat memicu perkembangan IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya mendapat ASI secara sebentar.

Nah, jika Anda merasa produksi ASI Anda sedikit, jangan putus asa dulu. Lakukan 6 cara ini untuk mengatasinya:

1. Sering-seringlah menyusui bayi

Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI.

2. Hindari cemas yang berlebihan

Kebanyakan ibu yang baru memiliki anak berpikir bahwa produksi ASI mereka kurang mencukupi kebutuhan anak, padahal kecemasan semacam itu belum tentu benar. Jika berat badan anak sesuai dengan growth chart, itu berarti produksi ASI Anda baik-baik saja.

Berikut tips lancar ASI lainnya:

1 dari 3 halaman

Tips ASI Melimpah

Morinaga Platinum

 

3. Istirahat dengan cukup

Kekurangan waktu tidur akan mengakibatkan kelelahan, emosi yang tidak stabil, dan lain-lain. Inilah yang bisa berakibat buruk bagi produksi ASI.

4. Pijat payudara

Memijat payudara dapat membantu meningkatkan volume dan lemak susu. Ketika bayi sedang mengisap puting, pijat payudara mulai dari bagian tengah dada dan kemudian sedikit lebih jauh ke arah puting, dan tunggu bayi untuk menelan ASI yang keluar. Lalu pijat bagian lain dari payudara yang sama dan tunggu bayi untuk menelan ASI. Ulangi berkali-kali.

5. Kurangi stres

Stres tidak menghentikan produksi susu, namun dapat menyebabkan gangguan pada refleks pengeluaran ASI yang mengakibatkan ASI tidak keluar secara maksimal. 

Tips lainnya memiliki ASI melimpah:

2 dari 3 halaman

Tips Memiliki ASI Melimpah

Morinaga Platinum

6. Jauhi minuman-minuman beralkohol

Minuman-minuman beralkohol dapat menurunkan produksi susu. Pilihlah minuman yang lebih menyehatkan agar ASI bisa terus berproduksi lancar. Dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Bila kebutuhan ASI anak tidak mencukupi, Anda bisa memberinya susu formula sebagai asupan nutrisi pendamping. Namun, jangan memberi susu sapi kepada bayi berusia di bawah satu tahun tanpa saran dari dokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar