Sukses

Ibu Hamil Punya Risiko Gusi Jadi Bengkak

Gusi Bengkak Pada Ibu Hamil. Gusi yang sudah bermasalah sebelum masa kehamilan dapat menjadi lebih parah ketika hamil. Kadar hormon pada masa kehamilan membuat gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Setelah masa kehamilan dan melahirkan

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Gusi yang bermasalah biasa dikaitkan dengan kebersihan rongga mulut yang tidak baik dimana terdapat banyak plak dan karang gigi. Pada ibu hamil hal ini dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi mengiringi kehamilan. Keadaan ini disebut juga gingivitis kehamilan yang terjadi pada lebih dari 50% wanita hamil dan biasanya timbul antara bulan ke dua dan delapan, biasanya makin parah pada trimester kedua.

Gusi yang sudah bermasalah sebelum masa kehamilan dapat menjadi lebih parah ketika hamil. Kadar hormon pada masa kehamilan membuat gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Setelah masa kehamilan dan melahirkan gusi akan menjadi normal kembali tetapi apabila keadaan tidak berubah maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi.

Gejala gejala gingivitis pada wanita hamil

  1. Gusi bengkak.
  2. Gusi berwarna kemerahan.
  3. Gusi terasa sakit dan lebih sensitif.
  4. Gusi mudah berdarah, seperti saat menyikat gigi.

Mencegah gingivitis kehamilan

  1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut, dengan menyikat gigi 2 kali sehari, membersihkan selah-selah gigi dengan bantuan benang gigi atau dental floss.
  2. Berkumurlah setelah muntah, guna mentralisir asam dari cairan muntah tersebut.
  3. Kontrol ke dokter gigi, minimal 1 kali dalam masa kehamilan.  Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk tidak pergi ke dokter gigi, justru kontrol ke dokter gigi harus dilakukan pada saat masa kehamilan.
  4. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut guna memperkecil resiko iritasi pada gusi yang sedang sensitif.
  5. Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi baik bagi kehamilan.
Apabila keadaan ini terjadi pada anda sebaiknya jangan dibiarkan, karena gingivitis masa kehamilan dapat berlanjut menjadi keadaan yang lebih serius  yaitu berupa penyakit gusi periodontitis. Penyakit periodontitis ini memiliki resiko sebagai penyebab terjadinya kelahiran prematur.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AK)


0 Komentar

Belum ada komentar