Sukses

Kulit Sensitif

Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak

KLIKDOKTER.com - Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak.

Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ‘hypoallergenic’ atau produk khusus bagi kulit sensitif. Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, berkondisikan di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Hal ini pula yang sering dipakai oleh para ahli untuk menjelaskan perihal musabab orang yang berkulit sensitif. Pun untuk orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kemerahan pada kulit. Bagaimana pun masih perlu diagnosa lebih lanjut oleh ahli medis bidang kulit untuk menyimpulkan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka hindarilah pemakaian produk kecantikan sembarangan. Kulit sensitif akan langsung bereaksi cepat ketika pigmen di dalam kulit bertemu dengan bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetika. Jika dibiarkan menahun, akan mengakibatkan wajah rusak permanen dan tidak mulus lagi. Waspadalah gejala terasa pedih pada kulit yang kemudian dilanjuti dengan munculnya bintik-bintik merah ketika setelah menggunakan kosmetik tertentu. Penting adanya, diperlukan pemilihan jenis perias wajah yang tepat. Untuk melengkapi pengetahuan seputar kulit sensitif, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman:
  1. Analisa baik-baik tipe dan kandungan yang dimiliki oleh suatu produk kosmetik. Merk yang mahal  belum tentu menjadi standar jaminan kulit anda terbebas dari iritasi.
  2. Apapun keperluan jenis komestika, penting untuk dilakukan peninjauan ulang mengenai zat yang dimilikinya. Konsultasikan kepada ahli medis kulit terpercaya anda untuk mengetahui zat-zat kimia apa saja yang menjadi ‘pantangan’ untuk kulit berharga anda.
  3. Satu hal yang penting adalah faktor kebersihan wajah dalam menjaga kulit yang sensitif tetap sehat. Cucilah wajah secara teratur dengan menggunakan sabun khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Puin, penting pula untuk memperhatikan kebersihan dari alat kosmetik keseharian anda. Sperti halnya mencuci spons bedak yang sudah berkali-kali dipakai dengan air hangat atau lebih baik, diganti dengan yang baru sekalian.
  4. Hindarilah aktifitas pinjam meminjam alat kosmetik dengan orang lain,  meninjau kulit sensitif sangat mudah bereaksi bila terkena kuman. Pun, hal ini merupakan salah satu cara dalam menjaga faktor kebersihan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat mencoba![](DA)

Baca juga:

  1. Solusi Kulit Kering
  2. Mengatasi Kulit Kering

0 Komentar

Belum ada komentar