HomePsikologiRelationship11 Tanda Pria Tak Setia pada Pasangan
Relationship

11 Tanda Pria Tak Setia pada Pasangan

Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, 24 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kesetiaan pasangan dapat dilihat dari perilakunya. Bagaimana ciri pria yang tidak setia? Kenali tanda-tanda lelaki yang tidak setia berikut ini.

11 Tanda Pria Tak Setia pada Pasangan

Ketika memutuskan berkomitmen dengan satu pasangan, tetapi ternyata kamu malah menjalin hubungan dengan orang lain, tentu hal ini membuat pasanganmu sakit hati.

Kesetian biasanya dapat dilihat dari bagaimana dia memperlakukan pasangannya dan orang lain di sekitarnya. Bahkan, sebagian wanita menganggap bisa merasakan adanya perubahan atau perilaku tidak wajar yang menjadi ciri pria tidak setia.

Tapi sebelum terjadi “perang dunia ketiga” gara-gara salah tuduh, sebaiknya cek dulu tanda-tandanya berikut ini.

1. Sangat Rahasia terhadap Informasi Pribadi

Pria yang Suka Selingkuh Ber-IQ Rendah?

Lelaki yang tidak setia cenderung menutupi akses kepada informasi pribadi, terutama akses ponsel atau gawai yang dimiliki. Namun, bukan berarti kamu harus memegang semua sandi gawainya.

Cobalah perhatikan bagaimana respons pasangan ketika akses personalnya diketahui atau diminta.

Danine Manette, seorang investigator profesional dan penulis buku berjudul Ultimate Betrayal: Recognizing, Uncovering and Dealing with Infidelity mengatakan, perempuan sebenarnya menyadari perilaku lelaki yang sangat rahasia terhadap ponselnya, tetapi sering kali mengabaikannya.

Artikel Lainnya: Gemar Selingkuh, Tanda Mengidap Borderline Personality Disorder?

2. Tidak Menghargai Ibunya

Tanda lelaki yang tidak setia juga bisa terlihat dari bagaimana cara dia memperlakukan ibunya. Lelaki yang tumbuh tanpa menghargai ibunya cenderung tidak setia dengan pasangannya.

Cara lelaki memperlakukan ibunya akan memengaruhi bagaimana cara dia menghargai sebuah hubungan dengan pasangannya. Jadi, perhatikan cara lelaki memperlakukan ibu atau perempuan yang lebih tua di dekatnya.

Carole Lieberman, seorang penulis buku Bad Boys: Why We Love Them, How to Live with Them, and When to Leave Them mengatakan untuk selalu mewaspadai lelaki yang sering marah kepada ibunya. Perilakunya mungkin sama kepada kamu nantinya.

3. Rendah Diri (Insecure)

Dengan berselingkuh, dirinya akan merasa seolah-olah menjadi lelaki sejati atau lelaki yang diinginkan.

Menurut Carole Lieberman, berselingkuh adalah cara lelaki insecure untuk merasa berharga. 

Oleh sebab itu, waspadalah dengan sikap rendah diri pada lelaki apalagi jika ia sering ketahuan flirting dengan perempuan lain, karena ini bisa menjadi tanda suami yang tidak setia.

Artikel Lainnya: Benarkah Pasangan Pernah Selingkuh, Pasti Akan Selingkuh Lagi?

4. Berpura-pura Lupa

Deborah Cooper, seorang penasihat hubungan dari San Fransisco, mengatakan bahwa lelaki yang tidak setia cenderung bersikap pura-pura lupa. 

Jika kamu menyadari pasanganmu tidak sepenuhnya lupa atas informasi atau topik tertentu, berhati-hatilah. Sebab, ini bisa menjadi ciri pria tidak setia. 

5. Manipulatif 

Seorang psikoterapis dari California, Fran Walfish, mengungkapkan bahwa lelaki yang manipulatif dan suka mengkritisi pasangannya cenderung sulit mempertahankan sebuah komitmen. 

Misalnya, lelaki tersebut sering membuatmu meragukan pilihan atau potensi diri sendiri. Sikap mereka ini akan membuatmu berpikir negatif terhadap diri sendiri.

6. Impulsif

Ilustrasi Pria Berkomunikasi dengan Selingkuhannya

Lelaki dengan perilaku ini akan melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibat atau konsekuensinya.

Dia memiliki keinginan yang harus dituruti tanpa memikirkan dampak atau perasaan orang-orang di sekitarnya.

Kondisi tersebut berisiko membuat lelaki mudah mencari pasangan baru, sesuai dengan keinginan atau ekspektasinya. 

Artikel Lainnya: Kenali Perbedaan Cinta dan Obsesi dalam Hubungan

7. Narsistik

Bila pasanganmu punya sifat narsistik, kamu sudah sewajarnya merasa curiga. Sebab sifat ini bisa menjadi salah satu ciri pria tidak setia.

Menurut Ramani Durvasula, seorang psikolog klinis dari California State University, lelaki narsistik sulit berempati kepada orang lain termasuk pasangannya.

Hal tersebut membuat mereka melihat perempuan sebagai objek dan tidak merasa bersalah atas perselingkuhan atau ketidaksetiaannya kepada pasangan.

8. Tidak Menunjukkan Intimasi

Faktanya, lelaki yang tidak setia akan sulit menjalin hubungan yang intim dan emosional kepada perempuan.

Orang yang memiliki perilaku ini cenderung hanya menikmati aktivitas fisik dan bersenang-senang, tanpa memedulikan perasaan pasangan.

Mereka juga cenderung mengabaikan masalah yang mungkin sedang pasangan hadapi. Pada akhirnya, komunikasi lebih banyak satu arah kepada pasangan.

9. Memiliki Kebiasaan Buruk

Tanda lelaki tidak setia bisa kamu amati dari kebiasaannya. Jika cenderung melakukan kebiasaan buruk yang melanggar aturan, bisa jadi dia bukanlah orang yang setia.

Menurut Tina Tessina, penulis buku Money, Sex and Kids: Stop Fighting about the Three Things that Can Ruin Your Marriage, lelaki yang problematik seperti pemabuk, pengguna obat-obatan, dan penjudi akan kesulitan dalam menjalin komitmen dengan pasangan.

Artikel Lainnya: 7 Penyebab Suami Selingkuh saat Istri Hamil, Kenapa?

10. Oportunis

Wajar jika seseorang melihat peluang baik dan mengambilnya. Namun, berbeda halnya bila pasanganmu seorang oportunis. 

Orang dengan sikap ini mudah meninggalkan tanggung jawab atau komitmen sebelumnya demi sesuatu yang menguntungkan dirinya sendiri.

Pola perilaku ini bisa kamu amati ketika pasanganmu sedang berada pada situasi dilematis.

11. Sering Menuduh Pasangan Berselingkuh

Lelaki yang mudah menuduh pasangannya berselingkuh adalah cara dia memanipulasi keadaan atau kondisi sebenarnya dengan merendahkan pasangan.

Sikap manipulatif ini ditunjukkan untuk melindungi ego mereka atas kesalahan yang diperbuat.

Nah, itu dia beberapa ciri pria tidak setia. Bila curiga dengan pasangan, cek terlebih dahulu tanda-tanda pria tak setia di atas. Jangan sampai salah tuduh, ya!

Kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater dengan menggunakan layanan Tanya Dokter.

Yuk, terus #JagaSehatmu dengan mulai memperhatikan kesehatan mental. Kamu juga bisa mendapatkan informasi yang tepercaya dengan download aplikasi KlikDokter.

[WA]

Relationshipkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait