Saraf

Sempat Sembuh, Kenapa Meningitis Bisa Kambuh Lagi?

dr. Alvin Nursalim, 08 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lega rasanya bisa sembuh dari meningitis. Tapi, jangan kelewat senang dulu. Karena dikabarkan, penyakit yang menyerang otak ini ini bisa kambuh lagi.

Sempat Sembuh, Kenapa Meningitis Bisa Kambuh Lagi?

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Penyakit radang selaput otak ini sangat berbahaya karena dapat mengurangi kemampuan mendengar, menimbulkan kerusakan otak, hingga kematian.

Lalu, apakah meningitis bisa sembuh? Jawaban ya, kamu mungkin bisa divonis sembuh dari penyakit meningitis. Namun, kamu tetap perlu waspada sebab meningitis bisa kambuh lagi. 

Penyebab Meningitis Bisa Kambuh Lagi

Meningitis memang bisa kambuh meski sebelumnya kamu sudah dinyatakan sembuh. Kondisi ini disebut sebagai recurrent meningitis. Berikut sejumlah faktor yang dapat menyebabkan meningitis kambuh lagi:

1. Pengobatan Tidak Tuntas dan Kelainan Bawaan

Pengobatan yang belum tuntas atau infeksi yang tidak diatasi secara optimal bisa bikin meningitis akibat bakteri kambuh lagi. Meski jarang, kambuhnya meningitis dapat pula disebabkan oleh kelainan bawaan.

Apabila meningitis bakterial terjadi berulang kali, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik, rontgen, ataupun CT scan. Tujuannya adalah untuk memeriksa cacat pada dasar tengkorak dan tulang belakang.

Tes darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui risiko kelainan bawaan pada sistem kekebalan tubuh. Setelah itu, obat antibiotik akan kembali diberikan beserta obat pereda gejala lainnya.

Artikel lainnya: Jangan Diabaikan, Ini Bahaya Meningitis pada Bayi

2. Infeksi Virus Herpes Simpleks

Meningitis akibat virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2) bisa kambuh kembali. Jenis recurrent meningitis satu ini disebut meningitis Mollaret.

Penderita meningitis Mollaret biasanya akan mengalami demam, sakit kepala, dan leher kaku selama 2-5 hari. Pengobatannya bisa berupa pemberian antivirus asiklovir hingga pasien sembuh total.

3. Konsumsi Obat NSAID

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dilaporkan meningkatkan risiko recurrent meningitis. Contoh OAINS yang menyebabkan meningitis adalah ibuprofen.

Karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan tanpa rekomendasi dan resep dari dokter, ya!

4. Kista Otak Pecah

Meningitis bisa kambuh lagi apabila peradangan sebelumnya disebabkan kista otak yang pecah. Salah satu penyebab meningitis aseptik ini adalah kista dermoid yang menyebabkan masuknya isi kista ke ruang subaraknoid.

Artikel lainnya: Cara Tepat Mencegah Penyakit Meningitis

Cara Mencegah Kekambuhan Meningitis

Sakit Kepala Saat Menstruasi, Ini Solusinya

Agar tingkat kesembuhan meningitis optimal dan risiko kambuhnya penyakit berkurang, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat dan bersih. #JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan rutin berolahraga. 

Selain itu, hindari terlalu berdekatan dengan orang yang sedang sakit, apalagi sampai harus berbagi minum dan makan dengan orang tersebut. Tujuannya adalah agar infeksi ulang tidak terjadi.

Risiko terkena meningitis bisa diminimalkan dengan memperoleh vaksin haemophilus influenzae type B (HiB), vaksin meningokokus, dan vaksin pneumokokus. Saat masih bayi, vaksin MMR pun jangan sampai terlewat, ya!

Kini kamu sudah tahu bahwa meningitis bisa kambuh lagi. Oleh sebab itu, lakukan pengobatan sampai tuntas serta terapkan gaya hidup sehat dan bersih secara konsisten.

Tips menjaga kesehatan agar meningitis tidak kambuh kembali bisa kamu konsultasikan lebih lanjut lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter

(ADT/JKT)

Meningitis
Acyclovir