Review Produk

Rekomendasi Obat Tidur Tanpa Resep Dokter yang Aman dan Efektif di Apotek

Yulia Puji Sadriana, 16 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis KlikDokter

Obat tidur tanpa resep dokter yang aman dan dapat dibeli di apotek di antaranya adalah Nutrimax Dreamz, Antangin Good Night, hingga Supertin. Pastikan konsumsi obat sesuai petunjuk pemakaian.

Rekomendasi Obat Tidur Tanpa Resep Dokter yang Aman dan Efektif di Apotek

Salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah mengonsumsi obat tidur. Konsumsi obat tidur memang sebaiknya berdasarkan resep dokter agar lebih aman.

Namun, ada beberapa merek obat tidur yang bagus di apotek yang bisa Kamu beli secara bebas terbatas.

Sebagai alternatif untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur, sebaiknya Kamu tidak hanya bergantung pada konsumsi obat saja, ya.

Menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, hingga menghindari stres juga bisa membantu Kamu agar tidur lebih nyenyak.

Rekomendasi Obat Tidur Tanpa Resep yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Saat mengalami insomnia, bangun tidur terasa lelah, atau tidur tidak nyenyak memang paling cepat diatasi dengan obat tidur.

Namun, konsumsi obat tidur sebaiknya tetap berkonsultasi pada dokter, meskipun Kamu membeli obat bebas di apotek.

Penggunaan obat tidur yang Kamu beli tanpa resep di apotek juga bukan untuk konsumsi jangka panjang.

Konsumsi obat terlalu sering dan melebihi dosis yang direkomendasikan bisa memicu komplikasi dan efek samping yang tidak bagus untuk kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa obat tidur yang dapat ditemukan di apotek tanpa resep dokter, sekaligus menjelaskan keamanan penggunaannya dan memberikan wawasan mengenai cara memilih obat yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Berikut adalah rekomendasi obat tidur tanpa resep dokter yang aman dan bisa Kamu beli di apotek.

1. Lelap

Lelap

Beli Lelap di KAL Store

Lelap adalah obat tidur herbal yang bisa Kamu beli bebas di apotek. Lelap terbuat dari bahan tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti Valerianae radix dan ekstrak biji pala.

Valerianae radix merupakan tumbuhan tradisional yang sudah lama digunakan untuk menghilangkan gejala stres ringan dan membantu Kamu untuk tertidur lebih lelap.

Sedangkan ekstrak biji pala memiliki kandungan minyak atsiri dan asam olenolat yang sering digunakan sebagai ramuan terapi, gangguan tidur dan stres.

Komposisi Lelap di antaranya adalah valerianae radix 250 mg, ekstrak myristicae semen 115 mg, ekstrak eleuthroginseng radix 100mg dan ekstrak polygalae radix 135 mg.

Kamu cukup minum obat ini sehari dua kali sesudah makan. Harga obat tidur Lelap Kaplet per strip mulai dari Rp. 14.422.

2. Nutrimax Dreamz

Nutrimax Dreamz

Beli Nutrimax Dreamz di KAL Store

Nutrimax Dreamz merupakan obat tidur berupa suplemen makanan yang memiliki 3 kandungan penenang alami diantaranya Hops, Passion Flower dan Hawthorn.

Nutrimax Dreamz adalah suplemen yang bermanfaat untuk membantu meringankan gejala gangguan sulit tidur.

Komposisi yang terdapat pada obat ini yaitu Hops Flos Extract 50mg, Passion Flower Flos Extract 100 mg, Hawthorn Flos Extract 100mg.

Kamu cukup minum obat ini sehari 1-2 kali, diminum 1 jam sebelum tidur dimalam hari. Harga Nutrimax Dreamz 1 Botol 30 Tablet mulai dari Rp. 231.750

3. Antangin Good Night

Antangin Good Night

Beli Antangin Good Night di KAL Store

Antangin Good Night adalah obat tablet herbal dengan kandungan utama Passion Flower yang membantu memperbaiki kualitas tidur, membuat tidur lebih cepat, dan nyenyak. 

Antangin Good Night terbuat dari jahe, daun sembung, daun mint, kulit pulai, biji pala, passion flower, akar valerian dan potasium sorbat.

Obat ini dapat meredakan masuk angin serta memperbaiki tidur. Kamu cukup minum obat ini 2-4 tablet sehari sebelum tidur, simpan di tempat yang kering.

Namun, perhatikan juga adanya efek samping yang dapat timbul, seperti menyebabkan sakit kepala, kegelisahan, dan penglihatan kabur.

Apabila Kamu minum secara berlebihan maka akan menyebabkan peningkatan denyut jantung, penyempitan pembuluh darah jantung dan penurunan gerak usus. 

Harga Antangin Good Night per strip mulai dari Rp. 5.114.

Artikel lainnya: Suplemen Melatonin untuk Bantu Tidur: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Penggunaan

4. Blackmores Executive B

Blackmores excecutive

Beli Blackmores Executive B di KAL Store

Blackmores Executive B merupakan suplemen yang berasal dari bahan-bahan herbal yang sangat cocok digunakan jika Kamu merasa stres berkelanjutan.

Suplemen untuk mengatasi susah tidur ini mengandung vitamin B yang berfungsi menjaga sistem saraf dan dapat meningkatkan kekuatan fisik dan mental Kamu. Komposisi yang terdapat pada obat ini yaitu Vitamin B kompleks dan Passion Flower.

Blackmores dapat membantu Kamu mengatasi stres yang berkelanjutan, meredakan ketegangan saraf, membantu tubuh mengolah makanan menjadi energi secara optimal dan membantu mengatasi masalah kurang tidur.

Kamu dapat minum Blackmores Executive B 2 kali sehari setelah makan. Namun, jika Kamu dibawah 12 tahun maka harus sesuai dengan resep dokter.

Harga Blackmores Executive B 1 botol 30 tablet mulai dari Rp. 219.090.

5. Supertin

Supertin

Beli Supertin di KAL Store

Supertin merupakan obat yang mampu mengatasi kurang nafsu makan, insomnia, kelelahan, neuritis.

Komposisi yang terdapat di obat supertin yaitu ginseng, royal jelly, panthenol, biotin, nicotinamide, vitamin A, hingga vitamin B.

Obat Supertin bermanfaat untuk meningkatkan stamina, membantu pembentukan tulang dan gigi, dan memelihara kesehatan.

Kamu dapat meminum obat ini sebanyak sehari sekali sesudah makan. Kamu cukup simpan di tempat yang sejuk dan kering dan terhindar dari sinar matahari.

Harga Supertin per strip mulai dari Rp7.543.

Artikel lainnya: Jenis Obat Tidur untuk Insomnia yang Efektif dan Ampuh

Tips Aman Konsumsi Obat Tidur Tanpa Resep Dokter

Bolehkah minum obat tidur tanpa resep dokter? Konsumsi obat tidur tanpa resep dokter diperbolehkan.

Namun, memang sebaiknya Kamu tetap berkonsultasi pada dokter jika mengalami masalah sulit tidur.

Jika Kamu membeli obat tidur tanpa resep dokter di apotek, berikut beberapa tips konsumsinya agar aman dan tidak ketergantungan:

  1. Konsultasi pada dokter terkait obat tidur yang Kamu konsumsi, termasuk penggunaan obat herbal.
  2. Meski di dalam kemasan terdapat dosis penggunaan, namun tetap tanya dokter terkait kapan dan bagaimana cara yang benar dan aman untuk berhenti konsumsi obat tidur.
  3. Jangan mencampur obat dengan alkohol.
  4. Hindari minum obat milik resep orang lain.
  5. Hindari penggunaan obat tidur terlalu sering karena bisa menyebabkan efek samping dan ketergantungan.
  6. Pastikan minum obat tidur ketika Kamu memang memiliki cukup waktu untuk tidur 7-8 jam. Karena jika tidak, Kamu akan mengantuk di keesokan harinya.
  7. Jangan mengendarai kendaraan setelah mengonsumsi obat tidur.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar obat tidur Kamu bisa menggunakan fitur Tanya Dokter atau buat janji dengan Dokter di aplikasi KlikDokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kesehatan kamu dan keluarga. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan di KlikDokter bisa dilakukan secara online.

Jika kamu ingin membeli obat dan suplemen, kamu bisa beli dengan mudah dan cepat di KALStore. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

Konsultasi Dokter Terkait