Reproduksi

6 Gejala Miom pada Wanita

Dimas Laksono, 13 Des 2022

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Miom atau fibroid adalah tumor non-kanker yang bisa terjadi pada wanita. Kenali gejala mioma uteri lewat ulasan berikut ini.

6 Gejala Miom pada Wanita

Miom adalah kondisi tumor non-kanker yang bisa berkembang di rahim atau sekitarnya.

Ukuran miom pada rahim atau mioma uteri dapat bervariasi, dari yang sangat kecil hingga seukuran buah melon. Wanita mungkin dapat memiliki satu atau banyak miom.

Rata-rata kondisi yang juga disebut fibroid ini bisa hilang sendiri tanpa operasi dan perawatan khusus. Bahkan ada beberapa pengobatan rumahan untuk mengobati miom yang cukup mudah dilakukan.

Namun, saat berukuran cukup besar, miom memerlukan operasi pembedahan dan menimbulkan beberapa gejala yang cukup mengganggu.

Ragam Tanda dan Gejala Miom Rahim

Berikut ini beberapa gejala dan ciri miom yang harus kamu waspadai.

1. Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi

Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi

Fibroid bisa saja memberikan tekanan pada lapisan rahim. Hal ini bisa menyebabkan penderita miom mengeluarkan banyak darah saat menstruasi.

Selain itu, rahim juga tidak dapat berkontraksi dengan baik, sehingga menyebabkan perdarahan tidak dapat berhenti.

Fibroid juga mungkin mendorong pertumbuhan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan menstruasi hebat ataupun tidak teratur, serta timbulnya bercak antarperiode.

Artikel Lainnya: Fakta tentang Miom yang Perlu Anda Tahu

2. Kembung

Gejala miom uteri berupa kembung cukup sering terjadi. Miom mungkin memberi tekanan pada usus, tergantung ukuran dan lokasi miom.

Fibroid di belakang dinding rahim, apalagi yang berukuran besar, bisa menekan usus besar. Hal ini menyebabkan kembung.

3. Sering Buang Air Kecil

Sering Buang Air Kecil

Ketika ukuran miom semakin besar ataupun jumlahnya beberapa, rahim dapat membesar. Kondisi ini bisa menekan kandung kemih.

Akibat kondisi itu, kandung kemih menjadi lebih sedikit menampung urine. Hal ini tentunya menyebabkan penderita miom lebih sering buang air kecil.

Artikel Lainnya: Benarkah Mioma Hanya Dapat Diatasi dengan Operasi?

4. Nyeri di Bagian Tubuh

Ciri-ciri mioma uteri lainnya yang mungkin bisa muncul adalah nyeri punggung bagian bawah, kaki, dan panggul. Hal ini terjadi karena fibroid menekan saraf, vena, dan area sekitar panggul yang bisa menyebabkan punggung nyeri.

Untuk meringankan gejala miom ini, kamu bisa menggunakan kompres air hangat di sekitar area yang terasa nyeri.

5. Sembelit

Sembelit

Selain kembung, sembelit juga bisa menjadi gejala mioma uteri yang sering muncul. Kondisi ini terjadi karena usus mengalami tekanan akibat ukuran fibroid yang semakin membesar.

Artikel Lainnya: Benarkah Miom Bisa Keluar Saat Haid?

6. Perut Terlihat Lebih Besar

Ciri mioma uteri yang bisa terlihat adalah perut yang terlihat membesar. Kondisi ini terjadi karena ukuran miom yang semakin besar hingga membuat perut buncit dan berat badan bertambah.

Bukan hanya itu, jika kamu mengalami kondisi ini, biasanya timbul rasa nyeri di perut akibat munculnya miom pada rahim.

Perbedaan Miom dan Kista

Perbedaan Miom dan Kista

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, terdapat perbedaan miom dan kista. Miom adalah pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim.

“Kista adalah kantung yang berisi cairan dan dapat berkembang di ovarium atau indung telur bagian kiri, kanan, atau bahkan bisa keduanya,” jelasnya.

Ukuran miom yang berbahaya mungkin bila lebih dari 10 cm. Jika tidak mendapat pengobatan serius, miom bisa semakin tumbuh besar dan berpotensi pecah.

Ukuran miom yang semakin membesar juga bisa merusak rahim dan organ di sekitarnya seperti kandung kemih dan usus.

Artikel Lainnya: 5 Jenis Pemeriksaan untuk Mendeteksi Miom pada Tubuh

Waspadai Ciri-Ciri Miom Ganas

Waspadai Ciri-Ciri Miom Ganas

Untuk ciri-ciri miom ganas, dr. Dyah Novita menjelaskan sebetulnya kasus ini cukup jarang terjadi. Akan tetapi, jika miom rahim atau mioma uteri berubah menjadi ganas, maka penyakitnya menjadi leiomyosarcoma.

Leiomyosarcoma memiliki gejala yang sama dengan miom jinak. Namun, biasanya penderita akan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan keluhan menstruasi yang memanjang,” tambahnya.

Yuk, mulai peduli dan cek kondisi kesehatan reproduksi kamu! Dokter akan melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan untuk mendeteksi miom rahim. Kalau kamu merasa mengalami beberapa gejala miom di atas, jangan ragu konsultasi ke dokter.

Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi ke dokter obgyn lebih cepat, mudah, dan nyaman. #JagaSehatmu!

(FR/NM)

MiomReproduksi Wanita

Konsultasi Dokter Terkait