Kehamilan

Segudang Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Annisa Hapsari, 03 Jul 2022

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah apel. Lantas, apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh buah warna merah ini selama kehamilan?

Segudang Manfaat Apel untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi buah segar selama masa kehamilan bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Buah segar mengandung banyak vitamin dan gizi penting yang diperlukan bumil dan si kecil.

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah apel. Buah ini disebut-sebut bisa menjaga kesehatan usus bumil hingga mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. 

Agar lebih paham, yuk simak manfaat apel untuk ibu hamil di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Usus

Salah satu manfaat konsumsi apel untuk ibu hamil adalah menjaga kesehatan usus. Menurut ​​American Chemical Society, khasiat tersebut berasal dari serat larut dalam apel. 

Serat yang dimaksud adalah pektin. Serat ini berperan sebagai prebiotik. Artinya, pektin bisa membantu meningkatkan fungsi bakteri yang hidup di usus besar ibu hamil. 

Manfaat makan apel bisa membantu merangsang metabolisme dalam saluran pencernaan dan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Kesehatan usus bumil pun menjadi lebih baik karena penyerapan nutrisi tubuhnya lebih maksimal akibat efek positif prebiotik.

2. Meminimalkan Risiko Hipertensi

Hipertensi alias tekanan darah tinggi rentan dialami oleh ibu hamil. Menurut penelitian yang dimuat jurnal Nutrition, khasiat apel bagi ibu hamil diduga bisa meminimalkan risiko hipertensi.

Riset menyebutkan bahwa antioksidan di dalam apel berperan mengurangi oksidasi lemak. Kandungan apel untuk ibu hamil ini juga membantu menetralkan lemak pada pembuluh darah yang bisa meningkatkan tekanan darah. 

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Selain serat, apel kaya akan vitamin C yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C membantu menghasilkan sel darah putih yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari infeksi penyakit. 

Meskipun apel baik untuk ibu hamil, buah ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, berlebihan dalam mengonsumsi apel justru berbahaya bagi ibu hamil. 

“Jika berlebihan, justru akan menyebabkan perut kembung dan gula darah meningkat. Ini disebabkan kandungan karbohidrat pada apel cenderung tinggi,” jelasnya.

4. Meredakan Rasa Mual dan Muntah

Kandungan serat di dalam apel dapat membantu meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Soalnya, serat memperlambat proses pencernaan sehingga bisa meredakan mual.

Meski begitu, kamu jangan berlebihan konsumsi apel, ya! Terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat seperti apel justru bisa menambah rasa mual, lho. 

5. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Ibu hamil tentu tidak ingin anaknya mengalami cacat lahir. Untungnya, kamu bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi dengan mengonsumsi apel sewajarnya. 

Apel mengandung asam folat yang membantu memenuhi kebutuhan folat pada ibu hamil. Nutrisi ini ternyata penting untuk mengurangi risiko cacat lahir.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Apel mengandung flavonoid dan fitokimia yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kedua senyawa ini ternyata juga bisa melawan radikal bebas. 

Manfaat buah apel untuk ibu hamil ini pada gilirannya bisa mengurangi komplikasi penyakit akibat stres oksidatif. Stres oksidatif adalah kondisi ketika kadar radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan.

Stres oksidatif bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes gestasional yang mungkin berkembang selama masa kehamilan. Mengonsumsi apel diduga bisa mengurangi risiko penyakit diabetes pada bumil.

Meski begitu, dibutuhkan studi lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat apel tersebut.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ibu hamil rentan mengalami osteoporosis, yaitu kondisi berkurangnya kepadatan tulang. Kondisi ini terjadi karena kalsium pada ibu digunakan bayi untuk proses perkembangannya. Karenanya, bumil rentan mengalami patah tulang. 

Berdasarkan studi yang dirilis jurnal Nutrition Research, antioksidan di dalam apel diduga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Antioksidan yang dimaksud, yaitu kaempferol, quercetin, dan myricetin.

8. Menambah Energi

Apel mengandung gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ketiga jenis gula ini bisa menambah energi bumil secara langsung. 

Itu sebabnya, ibu hamil bisa menjadikan apel sebagai camilan, terutama ketika merasa lapar. Meski begitu, kamu tidak disarankan mengonsumsi buah ini terlalu banyak. 

Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil sebaiknya makan 2-4 apel per hari.

9. Mengurangi Risiko Stroke

Ibu hamil bisa mengalami stroke. Soalnya, pembuluh darah kecil bumil bisa rusak saat proses kehamilan maupun setelah persalinan. 

Menurut riset yang dipublikasikan European Journal of Clinical Nutrition, asupan apel normal bisa menurunkan risiko stroke trombotik. Stroke trombotik adalah jenis stroke yang terjadi karena pembuluh darah arteri pemasok darah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah. 

Khasiat ini berasal dari kandungan beta-karoten, vitamin E, dan vitamin C di dalam apel.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Apel juga diduga bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, kandungan fitonutrien pada apel dapat membantu merangsang sel pankreas untuk memproduksi insulin. 

Insulin adalah hormon yang diperlukan sel tubuh untuk membantu proses penyerapan dan pengubahan gula darah menjadi energi. Ketika produksi insulin berjalan normal, kadar gula darah bumil jadi lebih terkontrol. 

Manfaat ini utamanya penting bagi ibu hamil penderita diabetes gestasional.

11. Membantu Program Diet Kehamilan

Berkat kandungan serat yang tinggi dalam apel, ibu hamil bisa merasa kenyang lebih lama. Alhasil, ibu hamil bisa terhindar dari nafsu makan berlebih. 

Manfaat apel ini baik untuk bumil yang tengah berjuang menjalani program diet selama kehamilan.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Kanker

12. Mencegah Anemia

Tingginya zat besi di dalam apel dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Manfaat ini dapat membantu mengurangi risiko anemia defisiensi besi pada ibu hamil.

Anemia defisiensi besi berbahaya, karena jika diabaikan dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga kematian ibu dan anak.

13, Mengurangi Risiko Asma

Menurut studi yang diterbitkan melalui jurnal Nutrition, apel mengandung senyawa antioksidan yang memiliki sifat antiperadangan. Kandungan ini bermanfaat membantu mengurangi gejala asma, yaitu kondisi meradang dan menyempitnya saluran napas.

Peradangan saluran napas menyebabkan gejala, berupa mengi, batuk, dan kesulitan bernapas. Makan apel diduga bisa bantu kurangi sederet gejala pada ibu hamil penderita asma.

14. Meminimalkan Risiko Kanker

Masih mengutip penelitian dari jurnal Nutrition, mengonsumsi apel secara teratur diduga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kanker paru-paru. Manfaat ini diyakini berasal dari senyawa fitokimia pada apel. 

Meski begitu, dibutuhkan riset lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat apel dalam mengurangi risiko kanker pada bumil.

Apel untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, buah ini tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Jika kamu ingin memasukkan apel dalam program diet selama kehamilan, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dulu. 

Kamu juga bisa berkonsultasi seputar kehamilan melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kehamilan lainnya.

(ADT/JKT)


Kehamilanbuah-buahan

Konsultasi Dokter Terkait