Sukses

Penyebab Penyakit Menular Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Hati-hati, suka bergonta-ganti pasangan seks bisa menyebabkan penyakit menular seksual! Ketahui di sini berbagai penyebab lainnya.

Istilah FWB atau friends with benefits mungkin sudah tak asing di telinga kamu. Friends with benefits adalah pertemanan antara dua orang yang berhubungan seksual tanpa melibatkan komitmen atau perasaan. 

Hati-hati, hubungan seksual berisiko oleh pasangan FWB bisa menjadi salah satu penyebab PMS atau penyakit menular seksual. 

Penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual (IMS) adalah penyakit yang umumnya ditularkan melalui kontak seksual. Contoh-contoh PMS antara lain HIV/AIDS, klamidia, herpes genital, kutil kelamin, gonore, sifilis, dan trikomoniasis.

Kadang kala IMS tidak menyebabkan gejala apa pun. Seseorang bisa saja mengidapnya dan tampak sehat padahal telah terinfeksi.

Artikel lainnya: Lakukan Hal Ini untuk Cegah Infeksi Menular Seksual

Penyebab Penyakit Menular Seksual

Penyebab PMS bisa berupa bakteri, virus, ataupun parasit. Patogen tersebut dapat berpindah dari orang ke orang melalui darah, air mani, kontak seksual, dan cairan tubuh lainnya.

Sebagian besar penyebaran PMS melalui seks vaginal, anal, ataupun oral. Namun, beberapa infeksi menular seksual juga dapat menyebar melalui kontak kulit. 

Karena dapat menular melalui aktivitas seksual, maka siapa pun yang aktif secara seksual seperti pasangan FWB juga berisiko terkena PMS. Hal ini bisa terjadi terutama bila melakukan hubungan intim berisiko. 

Faktor-faktor umum yang dapat menjadi penyebab IMS atau meningkatkan risikonya antara lain:

1. Melakukan Hubungan Seks Tanpa Pengaman 

Penetrasi vagina atau anal oleh pasangan yang terinfeksi PMS tanpa memakai kondom dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut. Penggunaan kondom yang tidak tepat ataupun terjadi kerusakan juga dapat meningkatkan risiko IMS.

2. Seks Oral dengan Orang Terinfeksi 

Infeksi menular seksual nyatanya juga dapat terjadi bila melakukan seks oral atau lewat mulut dengan orang yang terinfeksi penyakit menular seksual tertentu. Pasalnya, berbagai patogen seperti bakteri, kuman, atau virus dapat ditularkan melalui air liur. 

3. Berganti-ganti Pasangan Seksual

Sering bergonta-ganti pasangan juga merupakan penyebab PMS yang umum terjadi. Maka dari itu, sebaiknya jangan suka berganti pasangan dalam berhubungan seks agar terhindar dari IMS.

4. Ada Riwayat IMS yang Tidak Tertangani

Memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya yang tidak diobati dengan tepat dan total menimbulkan risiko penyebaran yang berbahaya. Bila orang dengan kondisi ini berhubungan intim, ia bisa menularkan penyakitnya kepada pasangan seksualnya.

5. Penyalahgunaan Alkohol dan Obat-Obatan Terlarang 

Mabuk akibat alkohol dapat menimbulkan kecenderungan bagi seseorang untuk melakukan hubungan seks berisiko.

Selain itu, penggunaan jarum suntik bergantian dapat menyebabkan infeksi menular seksual misalnya HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

6. Kekerasan Seksual

Tindak kriminal seperti pemerkosaan pun dapat menjadi penyebab PMS. Pelaku yang mengidapnya dapat menularkan IMS kepada korban.

Artikel lainnya: Daftar Infeksi Menular Seksual yang Sangat Berbahaya

Cegah Penularan PMS Mulai dari Diri Sendiri

Sayang sekali jika kesehatan tubuh terganggu gara-gara penyakit menular seksual! Cara mencegah infeksi menular seksual yang bisa kamu lakukan antara lain: 

  • Jauhi seks bebas dan berisiko
  • Tetap dengan satu pasangan seksual
  • Vaksinasi, seperti vaksin human papillomavirus (HPV)
  • Pertimbangkan sunat untuk laki-laki 

Untuk pria, sunat dinilai dapat membantu mengurangi risiko tertular HIV oleh wanita penderita HIV. Sunat pria pun bisa membantu mengurangi risiko penularan herpes genital dan HPV genital.

Skrining atau pemeriksaan rutin untuk deteksi dini penyakit menular seksual dianjurkan bila seseorang aktif secara seksual. 

Kemudian, segera dapatkan pemeriksaan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin bila mengalami gejala antara lain luka atau benjolan pada alat kelamin atau dubur, BAK sakit, keputihan abnormal, demam, sakit saat berhubungan seksual, dan lainnya.

Nah, itu dia deretan penyebab PMS yang harus diwaspadai, termasuk hubungan seks berisiko dalam FWB. #JagaSehatmu dan jauh-jauh dari aktivitas seksual berbahaya!

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut seputar infeksi menular seksual, jangan ragu konsultasi dokter online di aplikasi KlikDokter. Gratis!

(FR/JKT)

Referensi:

Environmental Research and Public Health. Diakses 2022. Awareness, Knowledge and Risky Behaviors of Sexually Transmitted Diseases among Young People in Greece.

National Library of Medicine US. Diakses 2022. Sexually Transmitted Infections.

National Institutes of Health US. Diakses 2022. Sexually Transmitted Diseases.

Mayo Clinic US. Diakses 2022. Sexually Transmitted Diseases (STDs).

0 Komentar

Belum ada komentar