Kehamilan

5 Manfaat Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Annisa Hapsari, 06 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr.Atika

Kata siapa ibu hamil tidak boleh tidur siang? Simak 5 manfaat tidur siang saat hamil di sini!

5 Manfaat Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil tidur siang? Tentu saja boleh. Terlebih, bumil sering kekurangan tidur, akibat terjaga di malam hari.

Kekurangan tidur berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat meningkatkan komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan masalah persalinan lainnya. Karenanya, tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin. 

Salah satu cara memenuhi kebutuhan waktu tidur bumil adalah dengan tidur siang. Di bawah ini beberapa manfaat tidur siang saat hamil yang perlu Anda tahu.

1. Mengurangi Risiko Bayi Berat Lahir Rendah 

Tidur siang saat hamil bermanfaat mengurangi risiko kelahiran bayi dengan berat lahir rendah. Ini adalah kondisi ketika bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2,5 kilogram. 

Menurut penelitian yang dimuat jurnal Sleep Medicine, bayi berat lahir rendah berbahaya karena kondisi ini dapat memicu masalah kesehatan di kemudian hari. Gangguan kesehatan yang dimaksud, misalnya diabetes, gangguan pernapasan,  hingga hipertensi

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Nature, menemukan bahwa risiko kelahiran bayi berat lahir rendah berkurang sebanyak 30 persen. Hal ini jika bumil punya kebiasaan tidur siang selama 60-90 menit.

2. Mengatasi Rasa Lelah Bumil

Menurut Sleep Foundation, kesulitan tidur di malam hari, membuat ibu hamil cenderung sering merasa lelah di siang hari. Terlebih, pada trimester pertama, energi bumil terkuras, akibat sering mual dan muntah sepanjang hari.

Belum lagi, kehamilan juga menurunkan tekanan dan gula darah. Hal ini membuat ibu hamil kian mudah lelah. 

Oleh karena itu, untuk membantu mengatasi rasa lelah, bumil disarankan untuk tidur siang. 

3. Mengurangi Risiko Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur adalah kondisi ketika bayi lahir pada pekan ke-37 kehamilan atau tiga minggu sebelum waktu kelahiran normal. Kondisi ini berbahaya, karena ketika dilahirkan prematur, otak dan paru bayi belum tumbuh sempurna. Sehingga, bayi memerlukan perawatan intensif di rumah sakit.

Seperti telah disampaikan, salah satu faktor yang meningkatkan risiko bayi lahir prematur adalah kekurangan tidur saat hamil. 

Menurut dr. Atika, hal ini terjadi karena kekurangan tidur dapat meningkatkan hormon kortisol (hormon stres) pada ibu hamil. 

“Sehingga, bisa memberikan pengaruh buruk pada janin, termasuk gangguan tumbuh kembang pada janin dan kelahiran prematur,” paparnya.

Nah, untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur, bumil bisa melakukan tidur siang secara rutin.

4. Mengatasi Insomnia saat Hamil

Manfaat tidur siang berikutnya adalah mengatasi insomnia saat hamil. Insomnia membuat waktu tidur bumil berkurang. 

Nah, tidur siang dapat mengganti waktu tidur ibu hamil yang hilang. Meski begitu, American Academy of Family Physicians menyarankan agar bumil tidak terlalu lama tidur siang. Karena, hal ini justru dapat mengganggu waktu tidur pada malam hari. 

Artikel Lainnya: Kurang Tidur Saat Hamil Bisa Picu Diabetes Gestasional

5. Meningkatkan Konsentrasi

Rasa lelah selama kehamilan, bisa menurunkan konsentrasi ibu hamil. Tidur siang bisa jadi solusi untuk meningkatkan konsentrasi bumil. 

Pasalnya, saat ibu hamil tidur siang, oksigen di dalam darah dapat mengalir secara optimal ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi ibu hamil.

Itu dia sederet manfaat tidur siang saat hamil. Ibu hamil memang disarankan tidur siang. Namun, jangan tidur secara berlebihan, ya! 

Lakukan tidur siang secukupnya, sekitar 60-90 menit saja. Durasi tidur ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tidur ibu hamil. 

Mau tahu info menarik seputar kehamilan lainnya? Langsung download aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dokter online di Tanya Dokter.

(ADT/JKT)

tidurKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait