HomeIbu Dan anakKesehatan AnakFaktor Risiko dari Tumor Wilms, Kanker Ginjal pada Anak
Kesehatan Anak

Faktor Risiko dari Tumor Wilms, Kanker Ginjal pada Anak

Zahra Aminati, 16 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tumor Wilms lebih rentan terjadi pada anak. Apa yang menjadi faktor risiko tumor Wilms? Cari tahu di sini. 

Faktor Risiko dari Tumor Wilms, Kanker Ginjal pada Anak

Tumor Wilms merupakan kanker ginjal yang cukup langka yang biasanya menyerang anak-anak. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, “Tumor Wilms merupakan tumor yang berasal dari sel ginjal yang belum matang.”  

Kondisi yang juga dikenal sebagai nephroblastoma ini paling sering menyerang anak usia 3-4 tahun. Umumnya, tumor Wilms hanya menyerang satu ginjal, meskipun tetap bisa menyerang kedua ginjal secara bersamaan. 

Penyebab terjadinya nephroblastoma hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang meningkatkan risikonya. 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih jauh terkait faktor risiko tumor Wilms

1. Sindrom WAGR 

WAGR adalah singkatan dari huruf pertama dari masalah fisik dan mental yang terkait dengan sindrom ini (walaupun tidak semua anak memiliki semuanya):

  • Wilms tumor
  • Aniridia, yaitu terjadinya kekurangan total atau sebagian dari iris (bagian mata yang berwarna)
  • Genitourinary tract abnormalities atau kelainan saluran genitourinaria (cacat ginjal, saluran kemih, penis, skrotum, klitoris, testis, atau ovarium)
  • Retardation atau keterbelakangan mental

Anak-anak dengan sindrom ini memiliki sekitar 30 hingga 50 persen kemungkinan memiliki tumor Wilms. Ini dipicu oleh sel-sel pada anak-anak dengan sindrom WAGR yang kehilangan bagian dari kromosom 11. 

Anak-anak dengan WAGR cenderung mendapatkan tumor Wilms pada usia lebih dini dan seringkali menyerang kedua ginjalnya. 

2. Sindrom Denys-Drash

Pada sindrom Denys-Drash, ginjal menjadi sakit dan berhenti bekerja ketika anak masih sangat muda. Tumor Wilms biasanya akan berkembang di ginjal yang sakit. 

Organ reproduksi tidak berkembang secara normal, dan ada kalanya anak laki-laki sering disalahartikan sebagai anak perempuan. 

Karena risiko tumor Wilms sangat tinggi, dokter sering menyarankan pengangkatan ginjal segera setelah sindrom ini didiagnosis. 

 

3. Sindrom Frasier

Layaknya sindrom Denys-Drash, sindrom Frasier juga telah dikaitkan dengan perubahan atau mutasi pada gen WT1 (gen yang terkait dengan perkembangan tumor Wilms). 

Artikel Lainnya: Jenis Kanker yang Dapat Dialami Anak

Pada sindrom Frasier, ginjal juga berpenyakit, tetapi biasanya tetap bekerja hingga remaja. Namun, organ reproduksi tidak berkembang secara normal. 

Anak-anak dengan sindrom Frasier lebih berisiko tinggi terkena tumor Wilms, meskipun lebih berisiko terkena kanker pada organ reproduksi. 

4. Sindrom Beckwith-Wiedemann

Anak-anak dengan sindrom ini cenderung bertubuh lebih besar untuk usia mereka. Mereka juga memiliki organ dalam yang lebih besar dari biasanya dan seringkali memiliki lidah yang membesar. 

Anak-anak dengan kondisi ini pun mungkin memiliki lengan dan/atau kaki yang terlalu besar di satu sisi tubuh (disebut hemihipertrofia), serta masalah medis lainnya. 

Artikel Lainnya: Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Waspadalah!

Mereka memiliki sekitar 5 persen risiko memiliki tumor Wilms (atau lebih jarang, kanker lain yang berkembang selama masa kanak-kanak). 

Menurut dr. Theresia, “Sindrom ini biasanya disebabkan oleh cacat pada kromosom 11 yang dapat memengaruhi gen WT2.”

5. Riwayat Keluarga 

Melansir American Cancer Society, sekitar 1 hingga 2 persen anak-anak dengan tumor Wilms memiliki satu atau lebih kerabat dengan kanker yang sama. 

Para ilmuwan berpendapat bahwa anak-anak ini mewarisi kromosom dengan gen abnormal atau hilang dari orang tua. Ini kemudian meningkatkan risiko mereka mengembangkan tumor Wilms. 

 

Itulah beberapa faktor risiko yang terjadi pada tumor Wilms, yaitu salah satu penyakit langka pada ginjal anak. Jika memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini, Anda perlu waspada dan rutin memeriksakan kesehatan ginjal pada dokter. 

Chat langsung dengan dokter penyakit dalam terpercaya seputar masalah kesehatan ginjal lainnya hanya dengan aplikasi KlikDokter.

(PUT/NM)

Referensi:

  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Wilms' tumor.
  • American Cancer Society. Diakses 2022. Risk Factors for Wilms Tumors.

 

Kanker GinjalKanker Anak

Konsultasi Dokter Terkait