HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi3 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Diet dan Nutrisi

3 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Siti Putri Nurmayani, 06 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ternyata, makan es krim bisa bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari menambah energi hingga meningkatkan mood. Ini faktanya!

3 Manfaat Makan Es Krim untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tentu es krim jadi makanan favorit banyak orang, bukan cuma anak-anak tapi juga orang dewasa. Es krim punya sensasi dingin, tekstur lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika cuaca sedang panas-panasnya. 

Akan tetapi, es krim selalu dianggap sebagai penyebab utama batuk dan pilek. Padahal, hal tersebut belum terbukti secara ilmiah serta ternyata ada banyak manfaat es krim yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu selengkapnya lewat ulasan berikut ini. 

1. Tambahan Energi

Selain terasa menyegarkan, ternyata es krim juga dapat membantu menambah energi karena memiliki kandungan kalori. 

Hal ini sejalan dengan pendapat dr. Gia Pratama yang mengatakan bahwa makanan dingin ini merupakan sumber energi yang mudah untuk dicerna. 

Jadi, makan es krim bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu lelah beraktivitas seharian dan butuh tambahan energi dalam waktu yang cepat.

2. Bantu Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Meski sering dianggap sebagai makanan yang bisa memberikan kenikmatan semata, nyatanya beberapa es krim punya kandungan nutrisi yang cukup lengkap. 

“Terdapat beberapa es krim yang mengandung vitamin, kalsium, dan protein, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi,” tutur Dokter Gia. 

Tentu, kamu harus pilah-pilih dan baca dengan teliti komposisi serta nilai gizi dari es krim tersebut. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah es krim tersebut punya manfaat bagi tubuhmu atau tidak.

3. Bantu Meningkatkan Mood

Makan yang manis dan dingin memang bisa bikin mood kembali ceria. Lantas sebenarnya, bagaimana bisa makan es krim dapat meningkatkan mood?

Menurut dr. Gia, ketika makan es krim, semua panca indera kamu akan terpancing dan terstimulasi. Dari mulai rasa, aroma, suhu, bahkan hingga bentuk dan warna es krim memanjakan indera kamu. 

“Dengan begitu, hormon-hormon bahagia, seperti serotonin akan muncul. Sehingga dapat bantu memperbaiki suasana hatimu, “ jelas dr. Gia.

Sejalan dengan pernyataan dokter Gia, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Well-being, menyatakan bahwa makan es krim bisa mengaktifkan bagian korteks pada otak. Bagian otak ini menganggap bahwa makan es krim sebagai salah satu “reward” yang akhirnya menimbulkan rasa bahagia.

Karenanya, tak heran es krim menjadi camilan favorit keluarga, karena bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik itu orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. 

Untuk itu, Wall’s dapat dijadikan pilihan cemilan yang tepat untuk menemani setiap momen kamu. Dari mulai Wall’s Solero Mangga, Wall’s Sweet Corn, hingga Cornetto Black and White, produk-produk ini bisa menemani kamu dan keluarga saat quality time.

Camilan dingin ini juga bisa mendukung terbentuknya memori positif, yakni me time atau momen bonding antara orang tua dan anak. Hal ini tentu sejalan dengan purposeWall’s yang ingin membuat #SemuaJadiHappy dan komitmen Wall’s dalam menghadirkan produk yang memberikan dampak positif di kehidupan masyarakat Indonesia. 

Artikel Lainnya: Jangan Dilarang, Pilih Es Krim Sehat Sebagai Cemilan Baik untuk Anak

Berdasarkan manfaat es krim di atas, tentu kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi makanan dingin yang satu ini. Namun, pastikan untuk makan es krim dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. 

Sekarang ini, kamu bisa lebih mudah memilih produk yang aman dan sesuai kebutuhan gizi harian, karena BPOM sudah mengeluarkan logo 'Pilihan Lebih Sehat' berupa contreng hijau pada label utama. Beberapa produk Wall's seperti Wall's Sweet Corn, Wall's Neopolitana 3in1 dan Wall's Marie Biscuit & Chocolate sudah memiliki logo Pilihan Lebih Sehat di kemasan. 

Saran dr. Gia, jangan lupa untuk segera minum air putih sebanyak satu gelas setelah konsumsi es krim. Dokter Gia juga menekankan untuk #JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jika masih punya pertanyaan seputar manfaat es krim untuk tubuh, segera konsultasi dengan dokter lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Es Krim

Konsultasi Dokter Terkait