Perawatan Pria

Manfaat Daun Kelor untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Zahra Aminati, 21 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Daun kelor disebut-sebut dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah vitalitas pria. Simak penjelasan dan penelitiannya di sini.

Manfaat Daun Kelor untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Daun kelor dikenal sebagai superfood karena memiliki nilai gizi tinggi berkhasiat membantu mengatasi beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Daun kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera disebut-sebut juga mampu untuk meningkatkan vitalitas pria. Benarkah demikian? Simak manfaat daun kelor untuk  vitalitas pria dengan membaca ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Prostat

Biji dan daun kelor mengandung glukosinolat. Menurut penelitian yang dilakukan di laboratorium, senyawa glukosinolat kemungkinan memiliki sifat antikanker.

Beberapa tinjauan ilmiah lainnya juga menduga bahwa tanaman kelor dapat membantu mencegah hiperplasia prostat jinak. Kondisi ini umum terjadi seiring bertambahnya usia dan ditandai dengan pembesaran prostat yang membuat pria sulit buang air kecil.

Artikel Lainnya: Manfaat Purwaceng, Benarkah Bisa Meningkatkan Kejantanan Pria?

Penelitian tahun 2018 dari British Medical Journal pernah mengamati tikus yang diberi ekstrak daun kelor setiap hari selama 4 minggu.

Hasilnya, ekstrak daun Moringa dapat mengurangi berat prostat dan kadar antigen spesifik prostat yang diproduksi kelenjar prostat. Tingkat antigen tinggi dicurigai sebagai tanda kanker prostat.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui manfaat daun kelor untuk vitalitas pria, terutama untuk kesehatan prostat.

2. Meningkatkan Hormon Testosteron

Studi yang dipublikasi oleh Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mengatakan, daun kelor dapat meningkatkan perilaku seksual tikus.

Peneliti menemukan senyawa saponin dalam kandungan daun kelor. Saponin dapat meningkatkan libido dan kadar hormon testosteron.

Testosteron merupakan hormon yang identik dengan pria. Hormon ini bertanggung untuk mengatur gairah seksual seseorang, baik pria maupun wanita. Namun, hormon testosteron lebih banyak ditemukan di dalam tubuh pria.

Oleh karena itu, konsumsi daun kelor dipercaya dapat menyeimbangkan kadar testosteron, meskipun khasiatnya belum terbukti pada manusia.

3. Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi ditandai dengan ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi ketika berhubungan seksual.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan aliran darah yang di antaranya dipicu oleh tekanan darah tinggi, kadar lemak darah terlalu tinggi, atau mengidap diabetes.

Daun kelor memiliki kandungan polifenol yang bisa meningkatkan aliran darah dengan cara meningkatkan produksi oksida nitrat dan menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, studi tahun 2015 juga menunjukkan ekstrak biji kelor dapat mengendurkan otot polos di penis tikus yang sehat. Kemungkinan, hal ini dapat memasok aliran darah yang banyak ke penis tikus.

Artikel Lainnya: Jangan Sembarangan, Disfungsi Ereksi Harus Ditangani secara Tepat

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Gangguan kesuburan atau infertilitas pada pria biasanya terjadi karena kualitas sel sperma kurang baik.

Daun kelor, sebagai tanaman yang kaya antioksidan alami, dipercaya dapat membantu melawan radikal bebas.

Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat menimbulkan kerusakan oksidatif yang menyebabkan masalah pada produksi dan kualitas sperma pria.

Studi tahun 2019 dari Journal of Ethnopharmacology pernah mengamati tingkat kesuburan kelinci jantan setelah mengonsumsi suplemen ekstrak daun kelor.

Hasilnya, volume air mani, jumlah sperma, serta dapat motilitas sperma kelinci dapat meningkat.

Artikel Lainnya: Apakah Usia Dapat Memengaruhi Kesuburan Pria?

Perlu diingat, bahwa manfaat daun kelor untuk vitalitas pria baru diujicobakan kepada hewan. Manfaat tanaman Moringa untuk vitalitas pria belum diketahui pasti.

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi vitalitas pria, salah satunya mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang.

“Mengonsumsi makanan yang mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah cukup), mikronutrien (vitamin dan mineral) juga penting untuk vitalitas pria,” jelasnya.

Bila ingin meningkatkan vitalitas pria, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter dapat memeriksa kondisi kesehatan dan menyarankan perawatan yang tepat.

Konsumsi atau penggunaan suplemen daun kelor sifatnya hanya sebagai pendukung, bukan obat utama.

Chat langsung dengan dokter seputar masalah vitalitas pria lainnya hanya dengan LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Reza Fahlevi
  • Daily Mail UK. Diakses 2022. Super tea that boosts your love life: Scientists claim to have found aphrodisiac properties in Himalayan plants.
  • Healthline. Diakses 2022. 4 Moringa Benefits for Men, Plus Side Effects.
  • NCBI. Diakses 2022. Nontoxic Glucomoringin-Isothiocyanate (GMG-ITC) Rich Soluble Extract Induces Apoptosis and Inhibits Proliferation of Human Prostate Adenocarcinoma Cells (PC-3). 2018.
  • PubMed. Diakses 2022. Prostate cancer screening with prostate-specific antigen (PSA) test: a systematic review and meta-analysis.
  • NCBI. Diakses 2022. Phenolic Extract from Moringa oleifera Leaves Inhibits Key Enzymes Linked to Erectile Dysfunction and Oxidative Stress in Rats' Penile Tissues. 2015.
  • PubMed. Diakses 2022. Moringa oleifera extract enhances sexual performance in stressed rats. 2015.
  • PubMed. Diakses 2022. Hormonal changes, semen quality and variance in reproductive activity outcomes of post pubertal rabbits fed Moringa oleifera Lam. leaf powder. 2019.
PriaDaun KelorMoringaVitalitas

Konsultasi Dokter Terkait