HomeInfo SehatPernapasanUrutan Gejala Flu dari Hari ke Hari
Pernapasan

Urutan Gejala Flu dari Hari ke Hari

Zahra Aminati, 22 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Flu memiliki urutan gejala dari hari ke hari. Apa saja? Simak di sini.

Urutan Gejala Flu dari Hari ke Hari

Flu merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Flu dapat menyebar melalui droplet saat seseorang mengobrol, batuk, dan bersin. 

Bisa juga tertular saat kita menyentuh beberapa barang yang telah terkontaminasi dengan virus. Flu terbagi menjadi dua jenis, common cold (flu biasa) dan flu. Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan common cold disebabkan oleh rhinovirus

Ada beberapa urutan gejala flu yang biasanya muncul ketika awal terjangkit hingga flu ingin sembuh. Apa sajakah gejala-gejala yang muncul dari hari ke hari? Simak di sini. 

Fase Gejala Flu dari Hari ke Hari

Common cold umumnya memiliki gejala yang biasanya terjadi di sekitar kepala, seperti kepala pusing, hidung meler, batuk, mata berair, tenggorokan sakit atau gatal, serta mulai bersin-bersin. 

Pada penyakit flu, gejala yang lebih spesifik akan muncul seperti meriang, merasa sesak di bagian dada, otot-otot terasa sakit, demam dengan suhu yang tinggi, batuk, serta hidung yang tersumbat. 

Artikel Lainnya: Common Cold, Apakah Termasuk Jenis Penyakit Flu?

Namun, gejala-gejala ini dapat dilihat berdasarkan dari hari ke hari. Berikut penjelasannya:

  • Gejala Hari Pertama dan Kedua

Ketika seseorang mengalami flu biasa, mereka akan mengalami gejala yang terlihat setelah terpapar virus. Pada hari pertama dan kedua, penderita akan merasakan kelelahan ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas normalnya. 

Selain itu, gejala lain yang akan muncul adalah tenggorokan terasa sakit dan gatal, seperti ada benda yang tersangkut di tenggorokan. 

Ini juga akan menimbulkan rasa aneh saat menelan makanan atau minuman, sehingga membuat nafsu makan berkurang. Setelah itu, mulai muncul bersin-bersin dengan intensitas yang cukup sering daripada biasanya. 

Pada hari pertama dan kedua, disarankan bagi pasien untuk melakukan istirahat seharian. Tujuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan virus. 

Di samping itu, juga untuk mengurangi kelelahan dan menghindari gejala menjadi lebih buruk. 

Artikel Lainnya: Mengapa Bisa Sakit Perut Saat Flu?

  • Gejala Hari Ketiga sampai Kelima

Penderita akan merasakan hidung tersumbat atau berair pada hari ketiga dan keempat. Pada tahap ini, mungkin saja virus sedang berkembang. Jadi, hidung akan menghasilkan lebih banyak lendir, biasanya berwarna kuning atau hijau. 

Selain itu, penderita juga akan batuk akibat sakit tenggorokan atau postnasal drip di hari pertama dan kedua. Batuk kering yang terjadi terus-menerus mengindikasikan adanya penyakit flu. 

Virus flu dapat menyebabkan batuk dengan mengi dan dada yang terasa sesak. Adakalanya pula menimbulkan batuk berdahak atau berlendir. Namun, batuk produktif akan jarang terjadi pada tahap-tahap awal flu. 

  • Gejala Hari Keenam dan Ketujuh

Kebanyakan orang bisa sembuh dari penyakit common cold maupun flu tanpa memerlukan perawatan spesifik. 

Menurut dr. Sepriani Trimurtini Limbong, “Dibutuhkan waktu sekitar 7-10 hari untuk seseorang sembuh dari flu tanpa harus menggunakan obat.” 

Namun, tetap tergantung bagaimana kekebalan tubuh individu yang terjangkit. Jika gejala memburuk, semakin parah, atau menetap setelah lewat dari 10 hari, bisa jadi Anda mengalami komplikasi dari flu. 

Penting untuk segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel Lainnya: Keramas saat Flu Bikin Sakit Makin Parah, Benarkah?

Hal yang Perlu dilakukan saat Masa Pemulihan

Jika Anda telah didiagnosis mengalami penyakit flu, biarkan tubuh menjalani proses pemulihan yang wajar. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan agar Anda beristirahat selama sehari penuh tanpa perlu minum obat penurun demam. 

Bahkan jika Anda tidak mengalami demam, sebaiknya harus tetap tinggal di rumah sampai gejala lainnya membaik. Saat sudah merasa tidak lelah, Anda bisa melanjutkan aktivitas harian setelah beristirahat seharian penuh. 

Pemulihan flu pada masing-masing orang berbeda-beda, tergantung imunitas tubuh. Obat antivirus dapat membantu mempercepat masa pemulihan dan membuat penyakit tidak menjadi parah. 

Namun, penting untuk menemui dokter jika gejala flu kembali muncul dan semakin parah setelah pemulihan awal. 

Itulah penjelasan mengenai fase sakit flu dari hari ke hari. Flu umumnya akan sembuh dalam waktu 7-10 hari tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. 

Bila gejala semakin parah setelah 10 hari, sebaiknya hubungi dokter untuk penanganan yang paling tepat. 

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Medical News Today. Diakses 2022. All you need to know about flu.
  • Healthline. Diakses 2022. Early Flu Symptoms

 

FlupernapasanInfluenza

Konsultasi Dokter Terkait